Sukses

Jenazah Azyumardi Azra Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Jenazah Prof Azyumardi Azra tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Selasa (20/9/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah Prof Azyumardi Azra tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMP) Kalibata, Selasa (20/9/2022). Mobil ambulan pengantar jenazah tiba pada pukul 08:18 WIB.

Anggota TNI berbaris sambil membawa foto almarhum semasa hidup. Mereka berdiri dibelakang peti jenazah berbalut bendera merah-putih.

Prajurit penembak Salvo melepaskan peluru. Jenazah diantarkan ke blok Z. Sejumlah pelayat hadir memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum.

Salah satunya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy.

Sebelumnya, Jenazah Prof Azyumardi Azra disalatkan oleh ribuan orang yang terdiri dari mahasiswa, aktivis, akademisi, serta sanak keluarga di auditorium UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (20/19/2022).

Solat jenazah dilakukan tepat pukul 07.00 pagi. Sejumlah jamaah memenuhi seisi auditorium.

Usai disalatkan selanjutnya jenazah akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Pihak keluarga yang diwakilkan oleh sang anak, secara simbolis menyerahkan jenazah kepada kampus untuk dikebumikan, selanjutnya dari pihak kampus menyerahkan kepada negara.

Jenazah dibawa dengan mobil jenazah milik Komado Garnisun Tetap I Jakarta. Mengiringi dibelakangnya keluarga, Dewan Pers, Rektor dan civitas UIN dan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiba di Rumah Duka

Setelah menempuh perjalanan dari Bandara Soekarno - Hatta, jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra tiba di rumah duka di Perumahan Puri Laras 2, Ciputat, Tangsel, Banten. Jenazah dan rombongan tiba di lokasi pada Senin (19/9/2022) pukul 23.53 WIB.

Iring-iringan ambulans dikawal khusus dari personel TNI dan Polri. Selain itu, ada sekitar 10 mobil dalam iring-iringan tersebut.

Di rumah duka, sudah dipenuhi oleh para pelayat. Di antaranya hadir Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Setibanya di rumah duka, jenazah Azyumardi Azra diturunkan dari mobil. Jenazah disambut pelayat dengan lantunan tahlil. Selain itu, pelayat juga membaca surat alfatihah sesaat peti jenazah diturunkan dari mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.