Sukses

Bripka Ricky Rizal Mengaku Tak Tahu soal Pelecehan Putri Candrawathi oleh Brigadir J

Penasihat hukum Bripka Ricky Rizal, Erman Umar menegaskan kliennya tidak mengetahui adanya dugaan pelecehan terhadap tersangka Putri Candrawathi dalam kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

Liputan6.com, Jakarta Penasihat hukum Bripka Ricky Rizal, Erman Umar menegaskan kliennya tidak mengetahui adanya dugaan pelecehan terhadap tersangka Putri Candrawathi dalam kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J. Hal itu pun telah disampaikan saat pemeriksaan tambahan di hadapan penyidik.

Menurut dia, kliennya melihat Brigadir J ke lantai atas. Lalu dia juga melihat Putri menangis memeluk Susi.

"Ya misalnya cerita di Magelang, kejadian apa di Magelang yang dia ketahui, nah dia kalau dipertanyakan terkait pelecehan, dia tidak melihat dan tidak mengetahui, tidak ada orang yang menyampaikan baik oleh Kuat, Susi atau Ibu, yang ada adalah pertengkaran, kayak Joshua karena Joshua mau naik, melihat Ibu, sementara Ibu dalam kondisi menangis di atas, meluk Susi dan si Joshua ditegur kenapa naik, nah terus menghindar, nah ini terus menimbulkan kecurigaan," tutur Erman di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2022).

"Entah ada pertengkaran apa antara Joshua dan Ibu, atau di balik, itu kita nggak tahu," sambung dia.

Menurut Erman, kala itu Bripka Ricky Rizal dan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E tengah berada di luar kediaman Magelang, mengurus keperluan sekolah anak Ferdy Sambo. Dalam kondisi tersebut, Putri Candrawathi menelepon Bharada E dan meminta keduanya kembali ke rumah.

"Setelah dia balik ternyata di bawah kan sepi dan dia naik ke atas. Itulah dia mendapat informasi Kuat kok agak panik, sementara Susi nangis, disampaikan, ditanya ada apa nih Om, dia bilang yang saya sampaikan selama ini, dia ya itu si anu (Brigadir J) turun naik ditegur ya dia menghindar, kemudian dia dipaksa lagi naik saya bawa pisau, dia khawatir karena Kuat ngeri ada apa-apa, akhirnya dia masuk dan dia lihat ibu ada di kamar baring dari bantal tinggi," jelas Erman.

"Udah ditanya Bu ada apa Bu, kemudian dia telepon Richard, dia jawab, kok dia (Putri) nggak menjawab, tapi dia malah tanya di mana Joshua, panggil Joshua. Dia (Ricky) panggil Joshua ke bawah, Joshua malah mencak-mencak, ada apa kata si RR, jawaban Joshua iya tuh Om, kenapa tuh Om Kuat marah-marah sama saya, jadi di mata dia kan ke situ sebenarnya," tutur dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Bertanya Sebab Brigadir J Marah

Akhirnya, Brigadir J naik lagi ke atas setelah dibujuk beberapa kali oleh Bripka Ricky sambil disampaikan bahwa Putri Candrawathi memanggilnya. Pintu kamar istri Ferdy Sambo pun tidak dalam kondisi tertutup.

Setelah itu, Ricky bertanya kepada Brigadir J, ada apa sebenarnya hingga dia marah-marah? Namun, Brigadir J mengaku tidak ada masalah apa-apa.

"Ya udah, naik dia. Pintunya memang nggak ditutup, terbuka, duduk lah si Joshua di bawah. Ibu di atas sambil baring setengah itu. Tapi si Richard, RR keluar. Tapi dia nggak mendengar apa isi pembicaraan antara 10 sampai 15 menit. Setelah selesai baru dipanggil lagi si Ibu manggil RR, RR masuk lagi tarik Joshua turun. Di bawah ditanya lagi, Joshua tadi kan dia marah-marah, ada apa sih sebenarnya, nggak bang, nggak ada apa-apa," kata Erman.

"Jadi si RR tidak ada lagi niat, ya udah lah. Jadi kalau ditanya yang di Jakarta kejadian di Saguling, sampai di Saguling RR diminta ke atas. Kamu tahu nggak kejadian di Magelang? Saya nggak tahu Pak. Tapi dilihat posisi Pak Sambo ini tegang dan nangis kayak terguncang kaget juga dia. Kamu tahu nggak Ibu dilecehkan? Enggak tahu Pak. Ya sudah kalau gitu berani nggak kamu tembak? Jadi dia belum, dia bilang tidak berani saya Pak. Di pikiran dia, apa benar, tentunya diklarifikasi dulu dong. Bertanya kepada beberapa pihak atau saksi walaupun dia tidak mengetahui tapi kan ada Kuat ada Susi," Erman menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.