Sukses

Megawati Diundang ke Korsel, Bukti Konsistensi Suarakan Perdamaian Dunia

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri merasa besyukur perjalanan dari Jakarta ke Jeju Korea Selatan berjalan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri merasa besyukur perjalanan dari Jakarta ke Jeju Korea Selatan berjalan lancar.

"Sangat menyenangkan karena sama sekali weather-nya itu bagus sekali jadi tidak ada goncangan. Perjalanan sekitar 7 jam langsung. Jadi alhamdulillah," ucap Megawati di Hotel WE Jeju, Senin (12/9/2022) malam.

Megawati tiba sekitar 18.00 waktu setempat dan disambut Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto di Bandara Jeju. Dalam rombongan Megawati turut ikut Bendahara Umum PDIP yang juga Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Mereka langsung menjalani tes PCR di bandara. Setelah keluar hasil tes, rombongan menuju Hotel WE. Lebih sejam waktu tempuh dari bandara ke hotel.

Saat tiba di lobby Hotel WE, Kim Sung Soo, Presiden Hotel WE menanti dan menyambut kedatangan Megawati dan rombongan termasuk Dubes Gandi.

Megawati dan Kim Sung Soo terlibat percakapan hangat dan akrab dengan bantuan penerjemah bernama Yuli.

Untuk diketahui, wilayah Jeju dan sekitarnya pekan lalu dihantam topan Hinnammor yang menyebabkan banyak aktivitas terganggu seperti pembatalan penerbangan, penangguhan bisnis dan penutupan sekolah.

Sementara itu, di tempat yang sama, Olly Dondokambey mengatakan Megawati telah berulangkali berkunjung ke Korsel dan bicara di forum perdamaian.

"Saya kira untuk ini sudah berulang kali Ibu Mega dapat kesempatan bicara dalam forum perdamaian. Sekaligus juga menyampaikan ideologi negara kita Pancasila. Ini satu hal yang sangat baik bagi kita, khususnya bagi PDI Perjuangan, saya sebagai DPP, Ibu Mega tentu sangat melihat kualitas Ibu Mega bagaimana konsistennya menjaga perdamaian dunia," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bicara Pancasila

Sebelum menuju Jeju, Megawati dan rombongan dilepas oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dari bandara Halim Perdanakusuma sekitar 10.00 WIB.

Di Jeju, pada Rabu (14/9/2022), dalam kapasitas sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN, Megawati akan menyaksikan penandatangan nota kesepakatan (MoU) antara Jeju National University (JNU) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Selain itu, dilanjutkan dengan mengunjungi Laboratorium Budi Daya Laut yang berada di Universitas Nasional Jeju.

"Agenda utama Ibu Mega pada Kamis (15/9/2022) adalah keynote speech di acara pembukaan Jeju Forum for Peace and Prosperity," papar Hasto.

Menurut informasi akan ada 2.000 peserta di Jeju Forum yang ke-17 ini. Sejumlah tamu VIP dari sejumlah negara dijadwalkan ikut hadir dan menyampaikan materi di acara ini.

Hasto menambahkan dalam kesempatan tersebut, selain menyampaikan pidato, Megawati akan membagikan buku Pancasila, Dasar Negara Indonesia dalam bahasa Inggris. "Dalam buku dijelaskan sejarah lahirnya Pancasila dan penjelasan tentang lima sila," ucap Hasto.

"Dulu pada 2017, di Jeju Forum ke-12, Ibu Mega juga hadir sebagai pembicara," terang Hasto.

 

3 dari 3 halaman

Menanam Pohon

Hasto menambahkan, selama dua hari itu, Megawati juga dijadwalkan memiliki agenda-agenda antara lain bertemu Gubernur Jeju Oh Young-hun dan menanam pohon baru di Megawati Soekarnoputri Garden yang terletak di salah satu kawasan hotel di Pulau Jeju.

Kebun tersebut diresmikan Megawati pada Mei 2017 lalu.

Hasto menyebutkan Megawati sangat berharap hubungan baik dan kerja sama antara Indonesia dan Korsel terus bisa ditingkatkan.

"Ini menjadi kunjungan kesekian kalinya Ibu Mega ke Korsel. Beliau selalu menyampaikan agar hubungan kedua negara terus terjalin dengan baik. Saat bertemu dengan Presiden Korsel Yoon Seok-yeol di Seoul pada Mei lalu, hal itupun disampaikan Ibu Mega," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul
    Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul

    Korea Selatan

  • PDIP