Sukses

Jalan Raya Gandul Depok Dipenuhi Lumpur, Sejumlah Pemotor Terjatuh

Jalan Raya Gandul, Cinere, Depok dipenuhi lumpur tanah akibat pengeboran instalasi kabel PLN. Kondisi ini membuat jalanan licin hingga menyebabkan pengguna jalan terjatuh.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengendara motor terjatuh saat melintas di Jalan Raya Gandul, Kecamatan Cinere, Kota Depok. Musababnya, jalanan dipenuhi lumpur akibat pengeboran tanah untuk instalasi kabel PLN. 

Ketua LPM Kelurahan Gandul, Boy Iskandar mengatakan, kondisi Jalan Raya Gandul di lingkungan RW 3 dan RW 5 yang dipenuhi lumpur ini dikeluhkan warga. Tak sedikit pengguna jalan yang terjatuh saat melintasi jalan yang licin karena tertutup lumpur tanah.

“Saya dengan terjadinya masalah ini memang merasa kecewa. Di awal mengurus perizinan akan semaksimal pihak PLN dalam hal ini vendor, tentunya dengan kejadian ini menyesal karena warga yang komplain, bahkan banyak pengendara motor yang terjatuh,” ujar Iskandar, Rabu (31/8/2022).

Iskandar menjelaskan, LPM Kelurahan Gandul telah berkomunikasi dengan pihak PLN dan sudah dilakukan penanganan. Diakuinya, di lokasi kejadian belum terdapat saluran air, sehingga menjadi kendala pembersihan lumpur.

“Saya berharap kepada PLN untuk pengerjaan selanjutnya mungkin lebih baik diantisipasi,” katanya.

Jalan Raya Gandul Kecamatan Cinere, Kota Depok dipenuhi lumpur akibat pengeboran instalasi kabel PLN. Kondisi ini membuat jalanan menjadi licin hingga menyebabkan sejumlah pengguna jalan terjatuh. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Iskandar menyampaikan permintaan maaf kepada warga RW 3 dan RW 5 Kelurahan Gandul maupun pengguna jalan yang melintas atas insiden tersebut.

Kata dia, umumnya galian kabel yang dilakukan manual sering menimbulkan masalah. Karena itu, instalasi kabel PLN ini dilakukan dengan mesin bor.

“Sekarang kan sistemnya boring menggunakan mesin, saya kira akan aman ternyata lebih parah dari manual,” ungkap Iskandar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasha Ungu Bantu Atur Lalu Lintas di Lokasi

Sepengetahuannya, di Jalan Raya Gandul sudah tertanam ratusan kabel. Dia memperkirakan pada saat pengeboran yang belum diketahui kedalamannya ini mengenai titik eksisting terlebih dahulu.

“Saya enggak tahu kedalamannya berapa sehingga kena di situ, karena dilihatnya tanah keluar ke jalan, berarti ini kan dalam,” tutur Iskandar.

Akibat terkena eksisting galian kabel sebelumnya, kata dia, sehingga pengeboran menyebabkan lumpur tanah meluap ke Jalan Raya Gandul.

“Karena ini kan sistem boring sehingga penggalian dibantu dengan air,” ucap Iskandar.

Jalan Raya Gandul yang dipenuhi lumpur menjadi viral di sejumlah media sosial Kota Depok. Bahkan terlihat, Vokalis Band Ungu atau mantan Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Syamsudin Said atau Pasha Ungu ikut membantu mengatur lalu lintas di Jalan Raya Gandul yang dipenuhi lumpur tanah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.