Sukses

Momen Kompak Deretan Jenderal Bintang 3 Dampingi Kapolri Sambut Kirab Merah Putih

Momen kompak enam jenderal bintang 3 mendampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terlihat saat penyambutan parade Kirab Merah Putih di Bundaran HI, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo didampingi barisan jenderal Polri turut menyaksikan parade Kirab Merah Putih yang berlangsung dari depan Istana Merdeka hingga Bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI), Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022).

Berdasarkan pantauan merdeka.com di Bundaran HI, Kapolri tampak didampingi enam jenderal bintang tiga Polri saat menyambut parade bentangan bendera merah putih sepanjang 1.700 meter. Selain juga ada sejumlah tokoh agama.

Adapun para jenderal bintang 3 itu di antaranya adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto, Kabareskrim Komjen Agus Andrianto, Kabaintelkam Komjen Ahmad Dofiri, Dankorbrimob Komjen Anang Revandoko, dan Kalemdiklat Komjen Rycko Amelza Dahniel.

Mereka terlihat bendiri di samping Kapolri bersama dengan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Habib Luthfi Bin Yahya dan perwakilan pemuka agama. Para tokoh ini turut mengibarkan bendera merah putih tatkala parade melintas di Bundaran HI.

Dalam acara ini, parade melintas di Bundaran HI sekitar pukul 08.13 WIB dan disambut ribuan masyarakat yang menyaksikan Kirab Merah Putih. Barisan depan terdiri dari jajaran marching band beserta perwakilan tokoh lintas agama.

"Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya, beraneka ragam suku bangsa, memiliki ribuan bahasa, tapi perbedaan bukanlah suatu halangan, untuk terus menjunjung persatuan, hal itulah yang menjadi semangat lintas elemen menggelar kegiatan kirab merah putih ini," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Minggu (28/8/2022).

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1.700 Meter

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Habib Muhammad Luthfi bin Yahya melepas Kirab Merah Putih dari depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Minggu pagi (28/8/2022).

Bendera merah putih sepanjang 1.700 meter dibentangkan dan diarak pada acara Kirab Merah Putih dengan rute Istana Merdeka - Silang Monas - Bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI), Jakarta Pusat.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (28/8/2022), Presiden Jokowi memulai seremonial sekitar pukul 07.00 WIB dari Istana Negara dan disusul dengan pembawaan bendera panjang oleh sekitar 50 ribu orang.

Dari Bundaran HI, panggung penyambutan pun diisi oleh berbagai aksi pentas, mulai dari pencak silat hingga penampilan penyanyi lagu terkini.

Habib Luthfi bin Yahya mengatakan kirab ini digelar untuk membangkitkan kembali rasa memiliki tanah air Indonesia. Dia mengingatkan perjuangan para pejuang kemerdekaan yang berdarah-darah demi tegaknnya bendera merah putih.

"Dengan adanya kirab pagi hari ini, tunjukkan kita siap menggunakan merah putih sampai kapanpun, kita bertekad untuk menjaga NKRI harga mati," jelasnya.

"Itu lah tujuan utama daripada kirab hari ini untuk membangkitkan kembali rasa memiliki tanah air Indonesia," sambung Habib Luthfi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.