Sukses

3.200 Personel Bakal Amankan Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka

Liputan6.com, Jakarta Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (HUT ke-77 RI) digelar di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu 17 Agustus 2022. Polisi menyiapkan pengamanan.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin mengatakan, sebanyak 3.200 personel dikerahkan untuk mengamankan Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka.

"Kalau untuk pelaksanaan besok, sementara sekitar 3.200 personel," kata Komarudin saat dihubungi, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Dia menjelaskan, pola pengamanan sedikit diperketat. Mengingat aktivitas masyarakat yang sudah relatif normal. Terlebih, ada upacara di Istana yang tentunya mengundang masyarakat.

"Kegiatan pengamanan sedikit lebih ketat artinya bahwa pengamanan ring 1, ring 2, ring 3 termasuk juga," ujar dia.

Komarudin menyebut, sejumlah ruas jalan di sekitaran Istana Merdeka juga akan dialihkan mulai Selasa malam ini hingga penurunan bendera merah putih.

"Pengalihan beberapa ruas jalan akan dilakukan mulai dari nanti malam hingga penurunan bendera," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Daftar Jalan yang Ditutup

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menjelaskan, ruas jalan yang ditutup adalah kawasan di Patung Kuda, Harmoni, dan Gambir. Dia menyampaikan, sterilisasi kawasan Istana dimulai pada pukul 21.00 WIB

"Sekitar jam 21.00 WIB nanti malam sudah kita lakukan sterilisasi. Sehingga lingkungan istana betul-betul steril dari lalu lintas," ujar dia.

Latif menyiapkan 500 personel lalu lintas untuk membantu mengatur aktivitas masyarakat selama upacara HUT ke-77 RI yang berlangsung di Istana Merdeka.

"Di sana akan kita lakukan rekayasa lalu lintas. Besok hari libur mudah-mudahan arus tidak terlalu padat ini yang menguntungkan kita. Masyarakat juga akan merakayakan Hari Kemerdekaan di tempat masing-masing," ujar dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS