Sukses

Kaya Manfaat dan Nilai Bisnis, TP PKK Kota Malang Gencar Budidaya Bunga Telang bersama Masyarakat

Liputan6.com, Malang Besarnya manfaat kesehatan dan potensi bisnis dari bunga telang, mendorong Tim Penggerak PKK Kota Malang saat ini gencar membudidayakan bunga telang di kalangan masyarakat.

Bunga telang, atau yang bernama Latin Clitoria ternatea merupakan tanaman yang terkenal dengan bunganya yang berwarna biru keunguan, kelopak berbentuk corong, dan mahkota berbentuk seperti kupu-kupu. Bukan hanya memiliki visual yang menawan, bunga ini memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung, mata, dan kecantikan serta memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan.

Sadar akan potensi bunga telang, Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji, S. Sos., MM menggagas Gerakan Budidaya Bunga Telang (Gerbudbute) di kalangan masyarakat. Melalui Gerbudbute, Widayati Sutiaji ingin mengajak masyarakat Kota Malang dan sekitarnya untuk bersama-sama membudidayakan bunga telang.

Inisiatif Gerbudbute adalah program lanjutan dari kegiatan urban farming yang sebelumnya juga digagas oleh TP PKK Kota Malang. Sejak beberapa waktu lalu, masyarakat sudah akrab menanam aneka sayur dan buah dengan sistem urban farming.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

TP PKK Gandeng Berbagai Stakeholder

Beragam upaya dilakukan TP PKK untuk menyukseskan Gerbudbute. Di antaranya dengan menggandeng bank daerah untuk dapat memberikan corporate social responsibility (CSR) dan disalurkan pada 57 kelurahan di Kota Malang guna melakukan gerakan ini.

Selain itu, TP PKK juga bekerja sama dengan perusahaan farmasi dan Sekolah Putra Indonesia untuk mengolah bunga telang menjadi teh granule. Pihaknya pun menggandeng anak muda yang cakap teknologi informasi untuk mengedukasi ibu-ibu agar dapat memanfaatkan gadget sebagai media untuk berjualan online.

"Program Gerbudbute terkait bagaimana budidayanya, bagaimana cara pengolahannya, lalu juga saat sudah diolah bagaimana penjualannya," ungkap Widayati saat ditemui di salah satu lokasi budidaya bunga telang di Kelurahan Pandanwangi, Kota Malang.

Lebih lanjut, Widayati menuturkan bahwa untuk menanam bunga telang tidaklah harus di lahan yang luas.

"Menanam bunga telang sangatlah mudah, di rumah-rumah juga bisa dengan media polybag. Untuk mendapatkan bibit juga mudah sekali, karena biji yang kering sudah bisa ditanam," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Upaya Tingkatkan Perekonomian Warga

Melalui budidaya bunga telang, TP PKK Kota Malang berharap dapat meningkatkan perekonomian warga. Diketahui bahwa, bunga telang yang sudah dikeringkan memiliki nilai jual yang tinggi. Bahkan, Kota Malang melalui Perumda Tugu Aneka Usaha (Tunas) sudah mendapat pesanan dari Malaysia. TP PKK bergerak untuk mengajak warga di setiap kelurahan untuk turut serta dalam Gerbudbute di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, selain akan mendapat khasiat bunga telang, rasa gotong royong masyarakat juga akan semakin tumbuh.

"Melalui Gerbudbute akan dapat dicapai tiga tujuan utama, yakni masyarakat yang tangguh kesehatan, tangguh ekonomi, dan tangguh sosial," ujarnya

Setidaknya ada 20 khasiat bagi tubuh di antaranya untuk kesehatan jantung dan kesehatan mata. Bunga telang juga kaya akan kolagen, sehingga khususnya bagi para perempuan jika ingin kulitnya cantik ayo kita konsumsi bunga telang.

"Mari kita menanam bunga telang di lingkungan rumah untuk menghasilkan nutrisi bagi keluarga. Termasuk estetika rumah kita juga akan terjaga dengan bunga telang," ajaknya.

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS