Sukses

Penunjukan Penjabat Gubernur Dinilai Jadi Jaminan Kelancaran Pemilu 2024

Ketua Presidium Jojo Rohi menilai penunjukan Penjabat Gubernur (PJ) merupakan momentum bagi pemerintah pusat untuk memastikan Pemilu serentak 2024 berjalan lancar.

Liputan6.com, Jakarta - Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) melalui Ketua Presidium Jojo Rohi menilai penunjukan Penjabat Gubernur (PJ) merupakan momentum bagi pemerintah pusat untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan lancar. PJ juga dinilai sebagai jaminan pemerintah, bahwa PJ tidak ada asosiasi dengan kepentingan politik.

"Karena bukan kader parpol kita harapkan bahwa PJ ini tidak akan bermain-main untuk mendukung kontestan dalam Pilkada atau pemilu serentak atau bahkan Pilpres," kata Jojo dalam webinar Formappi, Minggu (31/7/2022).

Meski PJ dapat diharapkan sebagai pihak yang menjamin pelaksanaan hak politik masyarakat terselenggara dengan lancar, Jojo mengatakan masih akan ada potensi ancaman PJ bagi para calon kepala daerah.

PJ, menurut penilaian Jojo, merupakan sebuah ancaman bagi para calon kepala daerah khususnya petahana.

"Potensi ancaman isu PJ ini adalah demokratis adalah adanya penolakan daerah. Sepertinya PJ dianggap mengganggu agenda-agenda kepentingan daerah," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PJ Dinilai Bisa Jadi Ancaman Konstelasi Politik

Jojo menjelaskan, mengapa PJ menjadi sebuah ancaman bagi konstelasi politik daerah, karena keberadaan PJ dapat mengganggu segala manuver politik para calon kepala daerah.

Padahal, imbuh Jojo, tugas PJ hanya sebagai perwakilan dari pemerintah pusat bahwa perhelatan Pemilu di masing-masing daerah berjalan lancar.

"Sebenarnya tugas PJ hanya untuk mengantar, mandat utamanya adalah sekadar memfasilitasi pemilu yang jurdil," sambungnya.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.