Sukses

Tahun Baru Muharram, Kiswah Penutup Ka'bah Diganti

Liputan6.com, Jakarta Kiswah, kain penutup Ka'bah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi diganti pada malam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Jumat 29 Juli 2022.

Pekerja menaiki tangga hidrolik membuka satu per satu kain kiswah di empat sisi Ka'bah. Sedangkan sejumlah pekerja lain yang berseragam gamis putih dengan rompi hitam berada di atas Ka'bah untuk melepas kain sutera hitam yang menutup Ka'bah.

Petugas lainnya juga membawa gulungan-gulungan kaiin kiswah yang siap dipasang. Pergantian dan pemasangan kain kiswah ini membutuhkan waktu hingga berjam-jam lamanya.

Hingga Sabtu pagi, sejumlah petugas pemasangan kain kiswah masih berada di sisi- sisi ka'bah dengan menggunakan tangga hidrolik.

Prosesi tawaf juga masih berlangsung selama penggantian kiswah. Ada pula yang duduk di bagian pinggir area mataf atau area tawaf menyaksikan pelepasan kain kiswah.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Permintaan Raja Salman

Kain penutup kakbah diganti pada 1 Muharram 1444 Hijriah mulai tahun ini. Biasanya kiswah diganti setiap 9 Zulhijah. Asisten Wakil Sekretaris Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah Ir Faris Al Mathrafi menerangkan, perubahan waktu penggantian kiswah tersebut berdasarkan perintah dari Raja Salman.

Faris mengatakan, sebagai tempat pembuatan Kiswah Kabah, Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Mustarrafah adalah salah satu pusat peradaban di Makkah. Di dalamnya, ada sekitar 220 teknisi hingga seniman dari Arab Saudi yang bekerja untuk membuat kiswah.

Setiap tahun, biaya pembuatan kiswah mencapai 25 juta Riyal Saudi. Bahan pembuatan kiswah, terdiri dari 760 kg sutra, 120 kg emas, dan 100 kg perak. Kalau emas dan perak dari Jerman, sutra dari Italia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.