Sukses

Kenangan Bersama Tjahjo Kumolo, Makan Sop Kambing 2 Kali Seminggu di Tebet

 

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia. Sejumlah pejabat negara dan tokoh mengenang kebaikan Thahjo selama masih hidup.

Di balik itu, ada kenangan Thahjo yang cukup menyita perhatian. Ternyata, semasa hidupnya ia penggila sop kambing.

Tim Merdeka.com pernah bertemu dengan Tjahjo saat menyantap hidangan itu pada tahun 2019 silam. Sekali makan, politikus PDIP itu bisa menghabiskan 8-10 potong bagian daging kambing.

Thahjo berlangganan makan di sop kambing Kedai Estu Rame di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Sepekan dua kali Tjahjo pasti mampir ke tempat ini.

"Pak Thahjo hobi makan sop kambing? tanya Redaktur Pelaksana merdeka.com Didi Syafirdi saat bertemu Thahjo di Kedai Estu tahun 2019 silam.

"Iya," jawab Thahjo.

"Memang sudah lama langganan di sini? kata Didi.

"Iya," ucap Thahjo.

"Menunya apa? tanya Didi.

"Mata, paru, lidah, kaki," ungkap Thahjo.

"Makan satu porsi berapa banyak? tanya Didi.

"Delapan sampai 10 potong," jawab Thahjo.

"Rutin seminggu sekali? tanya Didi.

"Seminggu dua kali," tawa Thahjo.

Kini, Thahjo terlahir berpulang kepada Yang Maha Kuasa. Dia mengembuskan napas terakhir di RS Abdi Waluyo, Jakarta hari ini, Jumat (1/7) pukul 11.10 WIB.

Tjahjo meninggal dunia usai menjalani perawatan akibat terinfeksi paru. Dia dikabarkan mulai jatuh sakit sejak dua pekan lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Karir Politik Thahjo Kumolo

Tjahjo dilantik menjadi Menpan RB pada 23 Oktober 2019. Sebelum menjabat Menpan RB, dia sudah mengemban banyak tugas. Tjahjo pernah ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri sejak 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019.

Tjahjo lahir di Surakarta pada 1 Desember 1957. Dia memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Diponegoro, Semarang pada 1985. Tjahjo juga lulusan Lembaga Pertahanan Nasional, Jakarta pada 1994.

Tjahjo merupakan politikus PDI Perjuangan. Dia pernah dipilih Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan periode 2010-2015.

Tjahjo terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2009–2014 dari PDI Perjuangan dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I. Saat itu, dia sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI.

Di saat bersamaan, Tjahjo menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI. Tjahjo juga pernah menjabat Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya.

Tjahjo sempat menjadi pelaksana tugas (Plt) Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia di akhir masa jabatan periode pertama Jokowi. Dia menjabat sebagai Plt selama 20 hari, mulai 1 hingga 20 Oktober 2019.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com