Sukses

Ganjar Pranowo: Tjahjo Kumolo Tak Pernah Keluhkan Penyakitnya

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyebut Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo tak pernah mengeluhkan penyakitnya. Menurut Ganjar, Tjahjo lebih senang menceritakan soal hobi-hobinya.

"Beliau kerap membicarakan soal kesenangan, jarang sekali mengeluhkan penyakitnya. Hanya membicarakan soal kesenangan-kesenangan saja," ujar Ganjar dalam wawancara dengan televisi nasional, Jumat (1/7/2022).

Bahkan, Ganjar tak mengetahui soal kondisi kesehatan Tjahjo yang menurun. Ganjar mengetahui Tjahjo tengah sakit dan dirawat di RS Waluyo justru dari dokter yang merawat Tjahjo Kumolo.

"Dokter RS Waluyo menghubungi saya dan meminta doa agar Mas Tjahjo segera diberikan kesehatan. Di situlah saya baru tahu kalau Beliau sakit," kata Ganjar.

Ganjar pun menceritakan sosok Tjahjo Kumolo yang bersahabat dengan siapa pun. Menurut Ganjar, Tjahjo Kumolo merupakan sosok yang tidak pernah pilih-pilih harus berteman dengan siapa.

"Saya bersama Mas Tjahjo dalam banyak kegiatan cukup intens mulai dari kami sama-sama di DPR bersama Mas Bambang Pacul. Beliau (Tjahjo) orang yang sangat humble, menjadi pendengar yang baik," ujar Ganjar.

Ganjar menyebut, banyak kenangan dirinya bersama dengan Tjahjo Kumolo. Dia menyebut, Tjahjo merupakan sosok yang bisa diterima oleh kalangan mana pun.

Menurut Ganjar, Tjahjo Kumolo merupakan sosok politikus yang santun.

"Kesantunan dalam politik, dia miliki kesantunan politik yang luar biasa. Saya belum pernah melihat wajahnya garang, saya enggak pernah melihat dia marah. Dia orangnya tenang dan sangat santun dalam politik, makanya beliau sangat mudah diterima di mana pun," kata dia. 

 

2 dari 2 halaman

Infeksi Paru-Paru

Ganjar mengaku masih mengingat ucapan Tjahjo terkait bagaimana menjadi politikus yang baik. Menurut dia, Tjahjo kerap meminta agar terus menghindari gesekan dalam dunia politik.

"Memberikan pesan khusus kepada saya tentu tidak, tapi sering kali beliau ceritakan bagaimana dalam politik tidak saling menyakiti, kalau ada kejengkelan tahanlah masing-masing," kata dia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu.

Tjahjo meninggal pada pukul WIB 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta pada Jumat (1/7/2022).

Hal ini diungkapkan oleh putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, di RS Abdi Waluyo, Minggu (26/6/2022).

Rahajeng Widyasari mengatakan ayahnya mengalami infeksi yang menyebar sampai ke paru-paru.

"Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," ujar Rahajeng.