Sukses

PKL Bersyukur Diizinkan Jualan di Luar Area Car Free Day Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) menyambut baik kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan pedagang jualan di luar area Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau "Car Free Day" (CFD).

Pedagang gado-gado, Supriyadi (29) mengapresiasi kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang memperbolehkan PKL berjualan di luar area CFD.

"Bersyukurlah, saya berterima kasih ke pemerintah DKI bisa berjualan di sini," kata Supriyadi saat ditemui di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (29/5/2022), dikutip dari Antara.

Lebih lanjut, Supriyadi mengaku jualannya lebih laku saat berdagang di luar area CFD karena banyak orang yang butuh mengisi perut usai berolah raga.

Di sisi lain, pedagang jus, Sukawi (60) mengaku lebih enak berjualan di dalam area karena bisa mendapatkan penghasilan besar.

"Harusnya jalan utama itu dibolehin karena transaksinya bisa sampai miliaran. Sayang, padahal hanya dari jam 06.00-10.00 WIB seminggu sekali," kata Sukawi.

Harapan Sukawi kepada pemerintah, para PKL bisa mendapat sebuah area di dalam CFD agar bisa berdagang dan pembeli lebih mudah menemukan makanan sehingga bisa saling membutuhkan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan PKL berdagang saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day. Namun, perizinan tersebut hanya memperbolehkan PKL berjualan di luar area.

Melalui Dinas PPKUKM, Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo mengatakan Pemprov DKI akan mendata PKL yang ingin berjualan di kawasan CFD dengan melakukan registrasi ke Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

PKL Dibolehkan Berjualan di CFD Jakarta pada 29 Mei 2022, Ini Syaratnya

Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau yang lebih dikenal dengan CFD kembali di gelar Minggu, 29 Mei 2022. Kali ini pedagang kaki lima (PKL) diperbolehkan berjualan.

Meski demikian Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan pelaksanaan HBKB 29 Mei 2022 masih dengan skema terbatas yakni hanya untuk berolahraga.

Sementara partisipan untuk kegiatan di luar olahraga juga belum diperbolehkan. Begitu pun PKL, hanya boleh berjualan di luar koridor atau ruas jalan dilaksanakannya CFD.

"Di pinggiran CFD sementara kita perbolehkan, tentu sambil dilakukan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan," kata Syafrin saat dihubungi wartawan, Rabu (24/5/2022).

Selain itu, PKL yang ingin berjualan juga harus mendaftar terlebih dahulu di sistem Jakpreneur milik Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM).

"Pedagang daftar di sistem Jakpreneur Dinas PPKUKM," kata dia.

Syafrin memastikan para pedagang juga tetap diharuskan menjaga protokol kesehatan.

"Kalau mereka berkerumum tentu kami akan melakukan upaya persuasif untuk mereka tidak melakukan kumpul-kumpul atau berkerumun," kata dia.

3 dari 4 halaman

Polisi: Perluasan Kawasan CFD Jakarta untuk Urai Konsentrasi Warga di Sudirman-Thamrin

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) mulai Minggu 22 Mei 2022.

Mengingat digelar masih dalam situasi pandemi, Pemprov DKI Jakarta dan aparat kepolisian memutuskan untuk memperluas kawasan CFD di enam titik. HBKB berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB ini.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, kawasan HBKB diperluas untuk mengurai konsentrasi mayarakat supaya tidak hanya berkumpul di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin.

"Tadinya pelaksanaan HBKB bergiliran. Menimbang dan mengingat dan usulan para warga kita laksanakan sekaligus 6 lokasi yakni Sudirman-Thamrin, Tomang, Sunter dan Pemuda," ucap Sambodo kepada awak media, Minggu (22/5/2022).

Sambodo mengingatkan, masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Dalam hal ini, kepolisian bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta akan memantau aktivitas masyarakat. Rencananya apilikasi PeduliLindungi akan dipasang di titik-titik CFD.

"Kami akan memantau pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) nantinya mereka berolahraga tentu kalau ada yang berkerumun akan kita imbau untuk tetap menjaga prokes," ujar dia.

4 dari 4 halaman

Warga Berswafoto di Replika Mobil Balap Formula E di CFD Bundaran HI

Replika mobil balap Formula E dipamerkan di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat hari ini, Minggu (29/5/2022). Warga antusias dan berebutan untuk berswafoto di replika mobil balap listrik tersebut.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com mobil replika Formula E dipamerkan tepat di dekat Pos Polisi Jalan M.H Thamrin Bundaran HI. Replika mobil Formula E berada di bawah tenda berwarna biru bertuliskan '2022 Jakarta E-Prix'.

Di samping kiri dan kanan tenda pameran mobil formula E juga disediakan grand stand untuk mempromosikan gelaran balap Formula E. Di grand stand ini, masyarakat dapat bertanya apa saja kepada petugas yang berjaga seputar gelaran Formula E. Pembelian tiket Formula E juga dapat dilakukan di grand stand ini.

Selain itu, pameran replika mobil Formula E ini juga diiringi alunan musik yang disetel panitia pelaksana untuk memeriahkan pameran. Warga yang sedang berolahraga pun berhenti sejenak di tenda pameran untuk melihat dan berfoto dengan mobil replika Formula E.

Salah satu warga yang mengabadikan foto di replika mobil Formula E adalah Lusi. Warga asal Tanah Abang ini dengan semringah berbagi kebahagiaannya saat berswafoto di replika mobil Formula E.

"Seru banget ya, mobilnya juga bagus. Kebetulan kemarin pas yang di Mandalika tidak bisa lihat. Sekarang bisa lihat di sini," kata Lusi, di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (29/5/2022).

"Rencananya sih saya juga mau beli tiketnya hari ini," lanjut dia.

Gelaran balap Formula E nantinya akan dilangsungkan pada Sabtu, 4 Juni 2022 di sirkuit Ancol, Jakarta Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.