Sukses

Sandiaga Uno Apresiasi Terpilihnya 22 Besar Finalis Putri Otonomi Indonesia 2022

Sandiaga mengucapkan selamat berkompetisi dan mempersilakan para pemenang putri untuk bisa beraudiensi di kantornya.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kesibukannya beraktivitas di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyempatkan waktunya secara daring untuk menyapa 35 Finalis Putri Otonomi Indonesia (POI) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Kabupaten Bogor, Sabtu (28/05/2022).

Para peserta finalis POI yang merupakan putri pilihan dan terbaik dari 35 kabupaten sontak heboh saat layar lebar yang menampilkan wajah Sandiaga menyapa dengan sajian pantun khasnya. Dalam kesempatan ini, dia memberikan apresiasi atas gelaran Pemilihan Putri Otonomi Indonesia (POI) yang diselenggarakan oleh Apkasi.

“Semoga event ini bisa membangkitkan motivasi, inspirasi bagi duta-duta Apkasi di bidang budaya dan pariwisata. Selamat dan sukses untuk para putri, semoga melalui kegiatan ini juga dapat menebar semangat untuk membangkitkan perekonomian, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga dalam keterangannya, Minggu (29/5/2022).

Sandi tak lupa memberikan pantun kepada para Putri. “Memancing ikan di Pulau Bengkalis. Untuk diolah menjadi berbagai rasa. Semangat dan sukses untuk para finalis. Jadilah Putri Otonomi terbaik untuk bangsa.”

Sandiaga mengucapkan selamat berkompetisi dan mempersilakan para pemenang putri untuk bisa beraudiensi di kantornya. Mereka bisa sharing pengalaman dan berdiskusi tentang pengembangn sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya tunggu untuk audiens dan selamat dan sukses untuk kita semua,” janjinya.

Kegiatan seleksi finalis POI sendiri berlangsung dua hari, didahului dengan pembekalan kepada para peserta meliputi beauty class tentang perawatan kulit dan cara make-up, public speaking serta koreografi serta wawasan tentang sejarah Apkasi dan Putri Otonomi Indonesia yang dulunya bernama Putri Otonomi Daerah yang telah berlangsung sejak 2017.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi 22 Finalis

Di hari kedua peserta diadu ketrampilan melalui tes esay, wawancara dan public speaking serta performance cat walk.

Direktur Eksekutif Apkasi, Sarman Simanjorang menjelaskan bahwa para kandidat putri yang bertanding tahun ini sangat merata dan ketat. Ia mengungkapkan, awalnya hanya 20 finalis yang diumumkan, namun melihat perkembangan di lapangan para kandidat ternyata mampu menunjukkan talenta-talenta yang luar biasa.

"Sehingga dewan juri merasa kesulitan dan akhirnya memutuskan untuk menambah dua orang lagi menjadi 22 besar dan ini senafas dengan filosofi momentum hari jadi Apkasi yang ke-22 juga,” ujar dia.

Hasilnya 22 Besar Finalis POI 2022 adalah wakil dari Kabupaten: Malaka, Kotawaringin Timur, Serdang Bedagai, Sukoharjo, Purworejo, Nganjuk, Serang, Deli Serdang, Kebumen, Minahasa, Lamongan, Tapanuli Utara, Bogor, Karo, Karanganyar, Bandung, Dharmasraya, Tanah Laut, Banyumas, Tanggamus, Banggai Laut dan Musi Rawas.

Kepada para peserta yang maju ke babak selanjutnya, Sarman mengucapkan selamat dan berpesan agar tidak mudah berpuas diri. Karena tantangan ke depan akan semakin berat.

“Bagi peserta yang belum berhasil, jangan patah semangat. Teruslah berkarya dan berpikiran maju. Anggaplah kegagalan adalah pengalaman yang sangat berharga," kata Sarman.

 

3 dari 3 halaman

Tahapan Berikutnya

Apkasi akan memfasilitasi Ikatan Alumni Putri Otonomi Indonesia bagi seluruh peserta untuk terus menjalin komunikasi dan networking.

Sarman menjelaskan tahap selanjutnya, ke-22 finalis tersebut dipersilakan kembali ke daerahnya masing-masing untuk istirahat sambil menunggu penugasan berikutnya dari dewan juri.

“Setelah ini mereka akan diberikan tugas secara daring hingga nanti akan diseleksi menjadi 12 besar yang akan menjalani masa karantina," ucap Sarman.

Puncaknya, lanjut dia, ke-12 finalis akan beradu menjadi yang terbaik di malam grand final yang pelaksanaannya akan dibarengkan dengan malam syukuran hari jadi Apkasi yang ke-22. Seluruh rangkaian kegiatan ini nantinya termasuk pelaksanaan Rakernas Apkasi ke-14 akan berlangsung di Kabupaten Bogor selaku tuan rumah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.