Sukses

Tentang Median: Pengertian, Rumus, hingga Cara Menghitungnya

Median merupakan salah satu istilah yang terkenal dalam pelajaran perhitungan seperti Matematika atau Statistika.

Liputan6.com, Jakarta - Median merupakan salah satu istilah yang terkenal dalam pelajaran perhitungan seperti Matematika atau Statistika. Istilah median biasanya juga beriringan dengan mean dan modus.

Mean merupakan nilai rata-rata dari sekumpulan data yang banyak (dua atau lebih). Median merupakan nilai tengah dari sekumpulan data yang sudah diurutkan dari kecil ke besar.

Kemudian, dalam matematika, modus berarti nilai yang paling sering muncul dari suatu kelompok data.

Karena biasanya sering digunakan dalam pengolahan data, akan lebih baik jika memahami pengertian median itu sendiri.

Median adalah nilai tengah yang terdapat dari sebuah data. Kuartil merupakan nama lain dari Median. Sementara itu, median juga dapat disingkat menjadi Me.

Adanya istilah median ini berfungsi untuk memusatkan data. Setelah mengurutkan data, Anda baru bisa mencari nilai tengah atau median itu sendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), median adalah nilai di tengah deret nilai yang disusun dengan tata urut dari kecil sampai besar, misalnya dalam deret 3,4,7 mediannya adalah 4. Median adalah nilai tengah setelah data diurutkan.

Median adalah suatu nilai yang membagi data menjadi dua bagian yang sama banyaknya setelah data tersebut diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar.

Median kadang-kadang digunakan sebagai kebalikan dari mean ketika ada pencilan dalam urutan yang mungkin mendistorsi rata-rata nilai. Median dapat digunakan untuk menentukan perkiraan rata-rata, atau rata-rata, tetapi tidak bisa disamakan dengan mean.

Untuk memahaminya lebih lanjut, berikut ini pengertian median hingga cara menghitung median, Rabu (18/5/2022) dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pengertian Median

Median adalah nilai di tengah deret nilai yang disusun dengan data urut dari yang kecil sampai besar, misal dalam deret 3,4,7 mediannya adalah 4, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Median adalah nilai yang dapat membagi data menjadi dua bagian yang sama. Dengan catatan, data tersebut harus diurutkan terlebih dahulu dari yang terkecil ke terbesar.

Selain itu, median juga bisa digunakan untuk menentukan perkiraan rata-rata atau rata-rata dari sebuah data, tapi hal ini tidak bisa disamakan dengan mean.

 

3 dari 4 halaman

2. Cara Menghitung Median

Cara menentukan median pada data tunggal cukup mudah. Anda dapat mengurutkannya dari data terkecil ke data terbesar. Jika banyak data ganjil tentu kita langsung bisa menentukan nilai tengahnya.

Bagaimana jika banyaknya data genap? Pada data tunggal untuk menentukan median yaitu:

Misalkan banyaknya data n, jika n ganjil maka median ditentukan dengan:

Med = xn/2

Rumus Median Data Kelompok

Median data kelompok dapat ditentukan jika kita telah mengetahui kelas mediannya. Carilah kelas data yang memuat data nilai tengah. Median data kelompok dapat ditentukan dengan

Med = tb + ((n/2) – Fkum)/fi) k

Keterangan:

Med : median

tb : tepi bawah kelas median

n : banyaknya data

Fkum : frekuensi kumulatif sebelum kelas median

fi : frekuensi kelas median

K : panjang kelas

 

4 dari 4 halaman

3. Contoh Soal

Agar lebih memahaminya, simaklah contoh berikut ini.

a. Data ganjil

Dalam data ganjil, Anda harus menyusun angka terlebih dahulu dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya. Misalnya, dalam kumpulan data {6, 23, 9, 17, 3, 21, 13}, jika diurutkan dari angka terkecil menjadi {3, 6, 9, 13,17, 21, 23}.

Ingat-ingat, nilai median adalah nilai yang berada di tengah-tengah data. Jadi dalam data tersebut, nilai mediannya adalah 13.

 

b. Data genap

Berbeda dari data ganjil. Dalam data genap, Anda harus menjumlahkan angka yang berada di tengah kemudian membaginya jadi dua. Namun, data tersebut harus diurutkan terlebih dahulu dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya.

Misalnya, dalam kumpulan data {2, 12, 14, 6, 8, 16, 20, 22}, jika diurutkan dari angka terkecil menjadi {2, 6, 8, 12, 14, 16, 20, 22}.

Nilai tengah dari data tersebut adalah 12 dan 14. Untuk menentukan nilai median, 12 + 14 = 26 ÷ 2 = 13. Maka nilai median dari data tersebut adalah 13.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.