Sukses

Sempat Terdengar Tembakan, Bandara Ilaga Papua Sudah Kondusif

Liputan6.com, Jakarta - Suara tembakan kembali terdengar di sekitaran Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (13/5/2022) pukul 08.30 WIT. Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal membenarkan kejadian tersebut.

"Iya tadi pagi ada suara tembakan terdengar di sekitar Bandara Ilaga di mana saat itu proses pengamanan evakuasi korban penembakan KKB akan diterbangkan menuju Kabupaten Mimika," tutur Kamal dalam keterangannya terkait peristiwa tersebut.

Kamal menyebut, suara tembakan tersebut terdengar saat pesawat yang membawa jenazah korban penembakan telah lepas landas menuju ke Timika disusul dua pesawat lainnya yang akan terbang juga ke tujuan yang sama.

"Saat kejadian aktivitas bandara berjalan dan personel yang melakukan pengamanan evakuasi jenazah korban penembakan KKB masih berada di bandara," jelas dia.

Adapun setelah ketiga pesawat lepas landas menuju Kabupaten Mimika, terdapat Pesawat Kargo yang hendak mendarat di bandara tersebut. Namun setelah menerima informasi adanya suara tembakan di area landasan, pilot pun memutuskan untuk membatalkan pendaratan.

Sementara saat ini kondisi operasional Bandara Ilaga telah aman dan kondusif. Aktivitas penerbangan pun berjalan dengan normal.

"Saat kejadian personel yang masih berada di bandara langsung mencari sumber tembakan tersebut dan untuk pesawat kargo batal mendarat," Kamal menandaskan.

2 dari 3 halaman

Serangan Teror KKB Di Ilaga Puncak Papua, 16 Rumah Dibakar

Beberapa waktu lalu, 16 bangunan dan rumah di Kampung Kimak, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak, Papua, hangus terbakar. Usai serangan aksi teror dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Kelompok Separatis Teroris (KST).

"Selasa 1 (rumah) dan kemarin 15 (rumah dibakar)," Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal kepada merdeka.com, Kamis (7/4/2022).

Dia mengatakan jika insiden serangan dari KKB itu terjadi selama dua hari pada Selasa (5/4) dan Rabu (6/4). Dimana membakar rumah warga, terdengar bunyi letusan di kompleks pasar

Kendati demikian, lanjut Kamal, pasca serangan dua hari berturut-turut yang dilakukan KKB tidak ada korban jiwa baik dari warga maupun aparat keamanan.

"Korban jika tidak ada. Untuk rumah satu kawasan (yang dibakar)," sebutnya.

 

3 dari 3 halaman

KKB Bakar Mes dan Rumah Warga di Ilaga Papua

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) meneror karyawan PT Marta Tunggal Teknik (MTT) di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada Sabtu, 19 Februari 2022.

Selain menembak, KKB juga diduga membakar mes atau tempat tinggal karyawan PT MTT dan rumah warga setempat.

Kasatgas Humas Damai Cartenz, Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, mes karyawan PT MTT dan satu unit rumah warga hangus terbakar usai peristiwa penembakan terhadap seorang karyawan. Pelaku pembakaran diduga kuat KKB.

"Setelah kejadian penembakan terhadap kariyawan PT MTT terlihat asap tebal dari arah kali Ilame Kampung Wako yang merupakan mes karyawan PT MTT dan salah satu unit rumah sudah terbakar habis," kata Kamal dalam keterangan tertulis, Minggu (20/2/2022).

Kabid Humas Polda Papua itu menjelaskan, kebakaran dilaporkan seorang karyawan PT MTT ke personel Polres Puncak. Ketika itu, karyawan PT MTT melihat anggota KKB sedang berlari-lari di jembatan Kali Ilame sambil memegang 3 pucuk senjata.

"Salah satu karyawan PT MTT menelepon dan melaporkan kepada personel Polres Puncak untuk meminta tolong mengevakuasi," terang Kamal.