Sukses

Deretan Lonjakan Pengunjung di Lokasi Wisata Favorit pada Hari Kedua Lebaran

Arus lalu lintas menuju lokasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, macet hingga 1 kilometer pada Lebaran H+1.

Liputan6.com, Jakarta Kerinduan warga Ibu Kota untuk menikmati sejumlah destinasi wisata favorit, pada hari ini di momen hari kedua Lebaran bisa terobati. Seperti diketahui, dua tahun lamanya pemerintah membatasi ruang gerak masyarakat untuk menekan lonjakan kasus Covid-19, khusunya di wilayah DKI Jakarta.

Begitu banyaknya pengunjung yang antusias begitu pemerintah memberi kelonggaran, tak sedikit lokasi wisata di Ibu Kota yang mengalami lonjakan wisatawan. Bahkan salah satunya terjadi kemacetan hingga 1 kilometer untuk menuju pintu masuk ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Arus lalu lintas bisa kita lihat sedikit ada kepadatan karena antrean walaupun sudah kita buka empat pintu. Namun demikian secara keseluruhan masih bisa mengalir lancar," kata Kasatlantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Edy Surasa di Jakarta, Selasa (3/5/2022).

Lokasi wisata kedua yang juga dipadati wisatawan adalah Ancol. Tercatat ada 66 ribu pengunjung yang ingin berwisata ria di lokasi wisata yang terletak di utara Ibu Kota tersebut. 

Meski begitu, jumlah tersebut dipastikan masih di bawah 75 persen maksimal pembatasan kapasitas pengunjung.

"Atau masih di bawah 90 ribu pengunjung," ungkap Communication PT Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho.

Begitu pun dengan Taman Margasatwa Ragunan. Meski terjadi lonjakan wisatawan, jumlah tersebut masih jauh dari 45 ribu pengunjung atau 75 persen dari kuota maksimal. 

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Ragunan, satu yang perlu dicatat. Harap dipastikan telah mendapatkan vaksin minimal dosis dua. Sementara, bagi anak-anak berusia 6-12 tahun minimal mendapat dosis pertama.

Berikut lonjakan di sejumlah lokasi wisata favorit di hari kedua Lebaran: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

22 Ribu Lebih Wisatawan Kunjungi Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi warga Jakarta selama libur Lebaran 2022. Tercatat, ada 22.785 pengunjung hingga Selasa siang (3/5/2022) dan kemungkinan masih terus bertambah.

"Sampai jam 12.00 WIB, tercatat 22.785 pengunjung ini data terus mengalir ya. Di pintu masuk juga masih ada antrean- antrean yang ingin masuk ke Ragunan," kata Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan Bambang Wahyudi saat ditemui, Selasa.  

Dia menjelaskan, meski ribuan orang telah memasuki kawasan wisata Ragunan, angka itu masih jauh dari kuota maksimal yang tercatat 45 ribu pengunjung atau 75 persen dari kuota maksimal.

Lantas apa yang harus diperhatikan bagi masyarakat yang hendak ke Ragunan untuk mengisi libur lebaran, Bambang pun menerangkan sejumlah aturan yang harus dijalankan pengunjung:

Pertama, setiap pengunjung untuk terlebih dahulu memesan tiket secara online melalui link yang tersematkan pada akun instagram resmi @ragunanzoo, dengan mengisi formulir untuk selanjutnya ditukarkan ke loket.

"Kami harapkan semua yang antre-antre di pintu masuk yang sudah mendaftar secara online jangan sampai nanti sudah antre panjang ternyata belum daftar secara online," kata Bambang.

Pelayanan loket sendiri, beroperasi sejak pagi sekitar pukul 07.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Kemudian jam operasional Ragunan akan seluruhnya ditutup pada pukul 17.00 WIB.

"Setelah jam lima sore (pengunjung) harus pulang," kata Bambang.

3 dari 4 halaman

Masuk Taman Mini Macet hingga 1 Kilometer

Arus lalu lintas menuju lokasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, macet  hingga satu kilometer pada Lebaran H+1 1443 Hijriah. Kasatlantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan kemacetan itu terjadi akibat antrean di pintu masuk menuju TMII di Jalan Hankam.

"Arus lalu lintas bisa kita lihat sedikit ada kepadatan karena antrean walaupun sudah kita buka empat pintu. Namun demikian secara keseluruhan masih bisa mengalir lancar," kata Edy Surasa di Jakarta, Selasa (3/5/2022). 

Edy menambahkan akses utama untuk masuk ke TMII saat ini sedang ditutup karena masih dalam tahap renovasi. Namun pihak pengelola TMII menyiapkan akses lain bagi pengunjung.

"Untuk di kawasan Taman Mini ada tiga akses yang kita buka, Pintu 2, kemudian Pintu 3, dan Pintu 4," ujar Edy.

Sebanyak 20 petugas kepolisian dari Satlantas Polres Metro Jakarta Timur dibantu Polsek Cipayung pun melakukan rekayasa arus lalu lintas bagi pengunjung yang masuk ke TMII.

"Sudah kita buat rekayasa yang tadinya orang-orang mau berbondong-bondong ke Pintu 3, kita luruskan ke Pintu 4 biar arusnya bisa terbagi," tutur Edy.

4 dari 4 halaman

Pengunjung Ancol Capai 66 Ribu

Jumlah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara pada hari kedua libur Lebaran mengalami peningkatan.

Pada hari ini tercatat total pengunjung Taman Impian Jaya Ancol sebanyak 66 ribu orang.

"Betul, pada hari kedua ini terjadi peningkatan. Total pengunjung hari ini 66.000 orang," ucap Communication PT Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho, Selasa (3/5/2022).

Meski mengalami peningkatan, Eko memastikan jumlah tersebut masih di bawah 75 persen maksimal pembatasan kapasitas pengunjung.

Manajemen Ancol juga mencatat ada 8 ribu mobil dan 5.700 unit motor yang terparkir di area Taman Impian Jaya Ancol.

Sebelumnya, menyambut hari libur lebaran, Ancol juga menyiapkan berbagai acara spesial yang akan berlangsung mulai tanggal 2 hingga 16 Mei 2022 di semua unit rekreasi.

Raya Gembira 2022 Ancol akan menjadi momentum kerinduan masyarakat berekreasi setelah 2 tahun pandemi.

Kawasan Pantai Ancol merupakan titik favorit masyarakat yang berkunjung ke Ancol. Oleh karena itu beragam acara akan meramaikan area ini. Beach Food Festival dan pertunjukkan musik akan dapat ditemui di area Pantai Festival.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.