Sukses

Kasus Covid-19 Turun, 93 Persen Daerah di Jawa-Bali Berstatus PPKM Level 1 dan 2

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sebanyak 93 persen kabupaten/kota di Jawa-Bali saat ini berstatus PPKM level 1 dan 2.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sebanyak 93 persen kabupaten/kota di Jawa-Bali saat ini berstatus PPKM level 1 dan 2. Hal ini menyusul menurunnya kasus Covid-19 di Jawa-Bali.

"Saat ini sebanyak 93 persen kabupaten/ kota di Jawa-Bali sudah pada berada pada level 1 dan 2," ujar Luhut dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (4/4/2022).

Sementara itu, kata dia, saat ini sudah tidak ada lagi kabupaten/kota di Jawa-Bali yang berada di PPKM level 4. Adapun daerah yang masih berstatus PPKM level 3, tersisa 9 kabupaten/kota.

"Terkait informasi detail mengenai hal ini akan tertuang dalam Inmendagri (Instruksi Menteri Dalam Negeri) yang keluar di sore hari ini," ucapnya.

Luhut menyampaikan kondisi Covid-19 di Jawa-Bali terus menunjukkan perbaikan. Hal ini ditandai dengan menurunnya kasus Covid-19, rawat inap rumah sakit, hingga tingkat kematian di Jawa dan Bali.

"Penurunan kasus mulai dari 96 persen hingga 98 persen dibandingkan puncak kasus Omicron beberapa waktu yang lalu," kata Luhut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Aktif di Indonesia

Menurut dia, penurunan kasus harian Covid-19 secara nasional juga menurun sangat tajam hingga 97 persen dibandingkan saat puncak varian Omicron. Saat ini, kasus aktif virus corona di Indonesia berada dibawah 100.000.

Kemudian, Luhut mengatakan membaiknya kondisi Covid-19 varian Omicron di tanah air terlihat dari turunnya angka rawat inap di rumah sakit hingga 85 persen. Adapun tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) pasien Covid-19 kini hanya 6 persen.

"Positivity rate dibawah standar WHO yaitu, 4 persen," tutur Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

    PPKM

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19