Sukses

Survei LSI: Ganjar Pranowo Capres Posisi Teratas di Jatim, Prabowo, Khofifah Menyusul

Beberapa faktor penting yang memengaruhi pilihan masyarakat terhadap Ganjar seperti merakyat, tegas, berwibawa, jujur, dan bersih dari praktik KKN.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas di Jawa Timur dalam survei calon presiden 2024 yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI).  

Perolehan suara elektoral Ganjar Pranowo sebesar 22,5 persen.

"Dalam simulasi semi terbuka Ganjar Pranowo dipilih oleh 22,5 persen responden," ujar Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan di Surabaya seperti dikutip Kamis (31/3/2022).

Djayadi membeberkan beberapa faktor penting yang memengaruhi pilihan masyarakat seperti merakyat, tegas, berwibawa, jujur, dan bersih dari praktik KKN. Menurut dia, nama Ganjar Pranowo dinilai merakyat.

Survei LSI tersebut melibatkan 1.200 orang responden masyarakat yang berasal dari seluruh kabupaten/kota se-Jawa Timur. Survei dilakukan pada 6-14 Maret 2022.

Adapun metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling. Lalu, margin of error sebanyak 2,9 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo, Khofifah Membuntuti

Lebih lanjut, Djayadi juga menyebut beberapa nama lainnya yang berada di bawah Ganjar. Di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan elektabilitas 20,2 persen dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 10,6 persen.

Kemudian Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan 7,5 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 5,7 persen.

"Sementara nama-nama lainnya lebih rendah, kurang dari 4 persen, dan responden yang belum menjawab 7,8 persen," ucap Djayadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.