Sukses

Cegah Terorisme di MotoGP Mandalika, BNPT Tingkatkan Pengawasan

Boy Rafli mengungkapkan, pertemuan dan koordinasi keamanan dengan berbagai pihak menjadi bagian dari program BNPT untuk pencegahan aksi terorisme di ajang di MotoGP Mandalika 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meningkatkan pengawasan demi mencegah terjadinya aksi terorisme selama berlangsungnya ajang MotoGP Mandalika 2022 yang berlangsung 18-20 Maret 2022.

Kepala BNPT, Komjen Polisi Boy Rafli Amar, menggalang koordinasi keamanan dengan penyelenggara balapan. Dia meminta kerja sama semua pihak untuk mengamankan jalannya balapan motor paling bergengsi di dunia tersebut.

"Peningkatan pengawasan menjadi titik fokus koordinasi keamanan guna meminimalisasi potensi gangguan dari ancaman teroris," kata Kepala BNPT Komjen Polisi Boy Rafli Amar melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (20/3/2022), seperti dilansir Antara.

Boy Rafli mengungkapkan, pertemuan dan koordinasi keamanan dengan berbagai pihak menjadi bagian dari program BNPT untuk pencegahan aksi terorisme di ajang di MotoGP Mandalika 2022.

"Pencegahan aksi terorisme bisa maksimal dilakukan jika semua pihak bekerja sama," tutur Boy Rafli.

Dia menambahkan, MotoGP Mandalika punya arti penting untuk Indonesia, khususnya setelah ditimpa pandemi COVID-19. Boy meyakini, ekonomi Indonesia dapat kembali bergeliat dari sektor pariwisata dengan berlangsungnya ajang MotoGP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mata Dunia Tertuju ke Indonesia

Boy menyampaikan, dunia pariwisata mengalami kelumpuhan selama pandemi COVID-19. Dengan adanya MotoGP, pemerintah optimistis pariwisata di NTB dan daerah lain kembali bangkit sehingga perekonomian masyarakat membaik. "Mata dunia sekarang tertuju pada Indonesia," ucap Boy.

Dia juga mengimbau masyarakat setempat untuk turut serta menjaga kenyamanan di sekitar wilayah pelaksanaan MotoGP 2022. Dengan demikian, baik pembalap maupun penonton yang hadir merasa nyaman selama berada di NTB.

Sementara itu, Komandan Lapangan MotoGP, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, menyebut pentingnya koordinasi dengan BNPT sebagai leading sektor penanggulangan terorisme, demi kelancaran event internasional seperti MotoGP.

"Kami sepakat terus berkoordinasi, mengevaluasi dan menyelesaikan setiap tahap agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan aman," jelas Hadi Tjahjanto.

Sumber: Antara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.