Sukses

Hari Raya Nyepi, Menag: Aktualisasi Nilai Tattwam Asi dan Perkuat Moderasi

Menag Yaqut berharap Nyepi tahun ini bisa menjadi momentum untuk menggali makna sekaligus mengaktualisasi nilai-nilai luhur. Salah satunya yakni, Tattwam Asi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan selamat Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944 kepada seluruh umat Hindu di mana pun berada.

Menurut dia, umat Hindu memiliki kekayaan nilai-nilai positif yang bisa digali dan diamalkan dalam menjalani kehidupan di tengah kemajemukan Indonesia.

Menag Yaqut berharap Nyepi tahun ini bisa menjadi momentum untuk menggali makna sekaligus mengaktualisasi nilai-nilai luhur. Salah satunya yakni, Tattwam Asi.

“Tattwam Asi bermakna "aku adalah engkau”. Nilai ini menjadi sumber inspirasi bagi umat Hindu untuk hidup saling menghormati, rukun, dan bertoleransi," jelas Yaqut dikutip dari siaran persnya, Kamis (3/3/2022).

“Mari aktualisasi nilai Tattwam Asi dan perkuat moderasi beragama,” sambungnya.

Dia mengapresiasi Hari Raya Nyepi 2022 ini mengangkat tema ‘Aktualisasi Nilai Tattwam Asi dalam Moderasi Beragama menuju Indonesia Tangguh’.

Yaqut berharap umat Hindu dapat mengambil pelajaran dari perayaan Hari Suci Nyepi tahun ini dan menjadikannya sebagai lentera dalam menatap masa depan bangsa dan negara.

"Mari berikan jeda sejenak kepada alam agar kembali menata keseimbangan. Kita muliakan alam maka alam akan memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan," ujarnya.

"Semoga pandemi covid-19 segera berlalu. Mari terus berkolaborasi dalam harmoni, perkuat moderasi beragama, menuju Indonesia maju," imbuh Yaqut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Sementara itu, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi berharap perayaan kali ini bisa menjadi momentum bagi umat Hindu untuk menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Dia juga mengajak umat Hindu untuk mengamalkan nilai-nilai moderasi beragama di tengah Tahun Toleransi 2022. Serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Mari kita peringati Hari Suci Nyepi ini dengan semangat kesederhanaan, tidak berlebihan, dan tetap mematuhi protokol kesehatan tanpa mengurangi makna dan kehikmatan perayaan Nyepi," ucap Zainut saat membuka acara Tawur Agung Kesanga Hari Suci Nyepi Saka 1944, di Pelataran Candi Prambanan, Jawa Tengah, Rabu 2 Maret 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.