Sukses

Akademisi dan Tokoh Pemuda Sulteng Nilai Jokowi Sukses Tangani Pandemi Covid-19

Keberhasilan Presiden Jokowi dinilai tak lepas dari strategi kolaborasi yang diusungnya. Terbukti, kebijakan tersebut mampu membawa Indonesia lepas dari jeratan pandemi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dinilai sukses saat menangani pandemi Covid-19. Capaian keberhasilan Jokowi itu disampaikan oleh beragam tokoh di Sulawesi Tengah.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako (Untad) Sulteng, Muh Ardi Munir mengatakan, Jokowi mempunyai program-program strategis untuk segera keluar dari pandemi. Salah satunya dengan distribusi vaksin yang masif. Menurutnya, dengan terus digenjotnya vaksin untuk masyarakat, akan mewujudkan kekebalan kelompok.

“Kalu saya melihat semua kebijakan Presiden Joko Widodo itu sudah sangat maksimal. Membuat herd immunity cepat terwujud,” jelas Ardi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/1/2022).

Hal senada disampaikan Direktur Rumah Sakit Untad Ketut Surayasa. Ketut mengaku ikut merasakan efektivitas kebijakan Jokowi dalam menangani pandemi. Menurutnya, langkah-langkah yang diambil Presiden ke-7 Indonesia itu terbukti sukses dan berjalan sangat baik.

“Saya kebetulan akademisi sekaligus praktisi. Karena ikut terlibat langsung di dalam kegiatan penanggulangan pandemi termasuk vaksinasi. Jadi saya melihat kebijakan ini secara makro logikanya sudah cukup terstruktur, sistematis dan masif. Itu sudah berjalan. Artinya secara makro saya melihat kebijakan ini sudah cukup baik ” ujar Ketut.

Sementara, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Palu, Sidiq Djatola menyebut keberhasilan Jokowi tak lepas dari strategi kolaborasi yang diusungnya. Terbukti, kebijakan tersebut mampu membawa Indonesia lepas dari jeratan pandemi.

“Kebijakan (kolaborasi) ini cukup efektif. Karena saya lihat Pak Jokowi tidak hanya memerintahkan Kapolri atau BIN saja. Tapi melibatkan semua stakeholder. Dan ini yang kemudian menjadi harapan kita. Melibatkan seluruh stakeholder dan mempercepat herd immunity serta mempercepat selesainya pandemi,” ujar Sidiq.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebijakan Jokowi Hadapi Pandemi

Jokowi sendiri sudah banyak melakukan langkah strategis dalam upayanya membawa Indonesia keluar dari gelombang pandemi. Langkah awalnya dimulai dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dilanjutkan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), hingga membentuk satgas Covid-19 mulai dari pusat hingga ke desa-desa.

"Dengan strategi tersebut, Jokowi berhasil menekan angka penyebaran Covid-19 sekaligus menyelamatkan ekonomi masyarakat," kata Sidiq.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga dinilai cepat mengambil langkah dengan segera mendistribusikan vaksin untuk masyarakat. Total, hingga hari ini, sudah lebih 280 juta warga Indonesia telah divaksin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 di seluruh dunia

    Pandemi COVID-19

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19