Sukses

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Pemkot Bogor Akan Aktivasi Pusat Isolasi

Tempat isolasi dan rumah sakit rujukan itu sebelumnya dinonaktifkan karena rendahnya jumlah kasus baru Covid-19 di Kota Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Bogor akan menyiagakan rumah sakit (RS) rujukan, termasuk tempat isolasi untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya gelombang ketiga Covid-19 pada awal tahun 2022.

"Kapasitas tempat tidur di rumah sakit rujukan total 504 bed, jika terjadi lonjakan akan disiagakan sampai 1.300 bed," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno, Senin, 27 Desember 2021.

Penambahan tempat tidur tersebut dengan mengaktivasi kembali pusat isolasi di BPKP Ciawi, RS Lapangan, dan isolasi IPB University. Tempat isolasi dan rumah sakit rujukan itu sebelumnya dinonaktifkan karena rendahnya jumlah kasus baru Covid-19 di Kota Bogor.

Sesuai dengan arahan Wali Kota Bogor, semua pihak diminta untuk tetap siaga dan waspada serta menyiapkan fasilitas rumah sakit maupun fasilitas isolasi.

"Kerja sama dengan pusat isolasi BPKP Ciawi akan diperpanjang sampai Maret 2022, termasuk tempat isolasi di IPB dan RS Lapangan akan diaktifkan lagi," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya pencegahan Covid-19

Upaya-upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 sampai sekarang masih dijalankan, termasuk penegakan protokol kesehatan, pelacakan, pemeriksaan, dan vaksinasi.

"Vaksinasi Kota Bogor 96,61 persen tersisa 27 ribuan, vaksinasi anak-anak per 26 Desember 2021 sudah 52 persen," ujarnya.

Selain itu, menyadarkan masyarakat untuk mengurangi mobilitas selama libur Natal dan tahun baru. Kemudian agar disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Edukasi prokes ke masyarakat terus dilakukan. Disiplin prokes tetap yang utama karena itu yang menjadi tameng," kata Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.