Sukses

Jalur Ganda Kereta Api Bogor - Sukabumi Diuji Coba Maret 2022

Untuk menunjang pelayanan bagi para penumpang, Kemenhub juga akan melakukan perbaikan beberapa stasiun kereta api Bogor- Sukabumi.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan menargetkan jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi diuji coba pada Maret 2022 mendatang.

"Setelah proyek tahap pertama semua rampung akan diuji coba. Ditargetkan Maret 2022 kita sudah bisa uji coba," ujar Direktur Prasarana Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, Harno Trimadi, saat meninjau proyek jalur ganda di area Stasiun Batutulis, Kota Bogor, Senin (27/12/2021).

Uji coba kelaikan rel ganda dan beban akan dilaksanakan antara Stasiun Paledang sampai dengan Stasiun Cicurug. Sehingga tidak ada persoalan ketika dilewati kereta api dengan kecepatan tinggi, yang rencananya akan dioperasikan setelah diuji coba.

"Nanti kita lihat apakah bisa langsung double track, atau kombinasi, karena ada beberapa jembatan masih dalam proses tapi mudah-mudahan di Maret bisa jalan," kata dia.

Untuk menunjang pelayanan bagi para penumpang, lanjut Harno, Kemenhub juga akan melakukan perbaikan beberapa stasiun.

"Seperti (stasiun) Paledang diperbesar. Stasiun Batutulis mungkin digeser, tapi kalau relnya sudah bisa digunakan oleh kereta api," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Hampir 90 Persen

Sementara itu, progres pengerjaan pembangunan jalur ganda sepanjang 26,7 kilometer itu saat ini hampir mencapai 90 persen.

Kini, tinggal pemasangan balast atau tempat bantalan rel dan juga pemasangan rel kereta. 

"Ini bisa dikerjakan padat karya, terus kita pasang rel di atas," kata Harno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.