Sukses

Dilirik Pelatih Shin Tae-Yong Jadi Pemain Naturalisasi, Ini Sosok Ragnar Oratmangoen

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit pemain di skuad Merah Putih yang memiliki darah campuran Indonesia. Salah satu nama yang kini tengah hangat jadi pembicaraan adalah Ragnar Oratmangoen.

Siapa dia? Ragnar adalah pemain Go Ahead Eagles di Eredivisie atau kasta teratas Liga Belanda. Dia berada di posisi winger kanan. 

Usut punya usut, Ragnar memiliki darah campuran Indonesia dari sang kakek dan neneknya yang berasal dari Maluku. 

Nama pemuda berusia 23 tahun tersebut saat ini tengah mencuat seiring pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong meminta kepada PSSI untuk menaturalisasi sejumlah keturunan di Eropa untuk membela Timnas.

Sebelumnya ada empat nama yang mencuat, yaitu Sandy Walsh, Kevin Diks, Jordi Amat, dan Mees Hilgeers. Namun, belakangan dia mengganti Kevin Diks dengan Ragnar Oratmangoen.

"Karena posisi Kevin Diks dianggap sama dengan Sandy Walsh, akhirnya coach Shin Tae-yong menukar Diks dengan Ragnar Oratmangoen," kata Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani dalam akun media sosialnya, termasuk Facebook, Rabu (22/12/2021) pagi. 

Ada pun posisi Kevin Diks dan Sandy Walsh, sama-sama bermain sebagai bek sayap kanan. 

2 dari 2 halaman

2 Pemain Keturunan Dokumen 90 Persen Hampir Lengkap

Menurut Hasani, dari keempat pemain tersebut, hanya Jordi Amat dan Sandy Walsh yang dokumennya telah lengkap 90 persen.

"Sampai hari ini, dokumen yang sudah 90 persen hampir lengkap baru Jordi Amat dan Sandy Walsh. Sedangkan Mees Hilgers belum lengkap," tutur Hasani.