Sukses

Ma'ruf Amin Minta Aparat Penegak Hukum Bersinergi dengan KPK

Ma'ruf Amin meminta aparat penegak hukum bisa saling bersinegi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta aparat penegak hukum bisa saling bersinegi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk saling membangun kerja sama dalam mencegah tindakan rasuah.

Hal ini disampaikannya dalam acara Penganugerahan Zona Integritas WBK dan WBBM yang disiarkan daring, Senin (20/12/2021).

"Memperkuat sinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) dan KPK dalam kerangka kerja sama pencegahan korupsi dan implementasi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi," kata Ma'ruf.

Selain itu, dia menuturkan, karakter aparatur negara berintegritas dibutuhkan dalam mendukung kelanggengan ekosistem antikorupsi dalam organisasi serta memberikan pelayanan publik yang prima.

"Kokohnya integritas SDM menjadi faktor penting dalam membangun unit kerja Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)," kata Ma'ruf pada

Ma'ruf memandang, dalam membangun kerja sama khususnya di tingkat global, integritas moral menjadi fondasi dan nilai karakter yang dibutuhkan dalam membangun kerja sama dan kemitraan berbasis trust.

Menyorot hal itu, pemerintah diketahui tengah mengakselerasi pembangunan unit-unit kerja pelayanan percontohan yang bebas dari korupsi (WBK) dan pelayanan yang prima (WBBM).

"Pembangunan zona-zona integritas secara masif di setiap instansi diharapkan mampu membawa dampak yang lebih luas dalam pelayanan publik yang ujungnya akan mampu membawa pengaruh positif bagi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan daya saing nasional," kata Ma'ruf.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Teknologi

Ma'ruf pun mengajak agar para pihak terkait mampu mengevaluasi integritas individu dan kelembagaan, memanfaatkan teknologi digital, hingga memperkut kerja sama dalam pencegahan korupsi.

Tujuannya konsisten mengokohkan dan mengevaluasi integritas individu dan kelembagaan, serta memperkuat nilai-nilai WBK dan WBBM, sebagai upaya amar ma’ruf nahi munkar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi