Sukses

Alasan Status Gunung Semeru Berubah Jadi Level 3 Siaga

Gunung Semeru kembali mengalami erupsi dan statusnya kini naik menjadi Level 3 atau Siaga.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Semeru kembali mengalami erupsi dan statusnya kini naik menjadi Level 3 atau Siaga. Kondisi Semeru tersebut mengacu pada keadaan terkini yang terjadi di lapangan.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani menyampaikan, Gunung Semeru kembali memuntahkan luncuran awan panas sejauh 4,5 kilometer dari kawah puncak pada Kamis, 16 Desember 2021.

"Kegempaan didominasi oleh gempa letusan, hembusan, dan guguran, dengan jumlah gempa guguran meningkat dalam dalam tiga hari terakhir sebanyak 15 sampai 73 kejadian per hari dari rata-rata delapan kejadian per hari sejak tanggal 1 Desember 2021," tutur Andiani saat konferensi pers, Jumat (17/12/2021).

Menurut Andiani, terpantau aktivitas awan panas guguran Gunung Semeru masih berpotensi terjadi lantaran adanya endapan aliran lava atau lidah lava dengan panjang aliran kurang lebih 2 kilometer dari pusat erupsi. Aliran lava tersebut masih belum stabil sehingga berpotensi terjadi longsor, terutama di bagian ujung alirannya.

"Selain berpotensi terjadi awan panas, potensi terjadinya aliran lahar juga masih tinggi mengingat curah hujan yang cukup tinggi di Gunung Semeru. Didukung data dari BMKG diperkirakan musim hujan masih akan berlangsung selama tiga bulan ke depan," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Secondary Explosion Masih Berpotensi

Lebih lanjut, secondary explosion juga berpotensi terjadi di sepanjang aliran sungai apabila luncuran awan panas menyentuh air sungai.

"Mengingat kegiatan Gunung Api Semeru masih tinggi dan telah terjadi peningkatan jarak luncur awan panas guguran, serta aliran lava, maka Badan Geologi menyatakan tingkat aktivitas Gunung Semeru dinaikkan dari level Waspada atau Level 2 menjadi Siaga atau Level 3 terhitung mulai tanggal 16 desember 2021 pukul 23.00 WIB," Andiani menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.