Sukses

Ini 5 Titik Area Parkir untuk Car Free Night

Malam bebas kendaraan bermotor atau Car Free Night yang pertama kalinya digelar di Jakarta akan dicanangkan pada malam pergantian tahun. Salah satu kendala warga Jakarta dalam menyambut acara itu yakni lahan parkir. Tapi masalah itu kini sudah teratasi.

"Masalah parkir sudah tidak ada masalah. Kami sudah siapkan kantong-kantong parkirnya. Jadi masyarakat silahkan yang mau menikmani Car Free Night," kata Wakil Kepala Polda Metro Jaya Birgadir Jenderal Sudjarno setelah Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin 2012 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2012).

Lokasi parkir yang disiapkan yaitu di lapangan Parkir Timur Senayan, lapangan IRTI Monas, gedung-gedung perkantoran, dan hotel di sepanjang jalur Car Free Night. "Kalau mau parkir di Polda Metro juga bisa. Silakan," jelasnya.

Sudjarno mengatakan, dalam perayaan malam tahun baru, di sepanjang jalur Car Free Night akan disediakan 16 panggung hiburan. Sedangkan acara hiburan bagi masyarakat akan dipusatkan di Bundaran Hotel Indonesia. Lokasi Car Free Night rencananya dimulai dari kawasan Sudirman-Thamrin hingga ke Jalan Medan Merdeka Barat atau kawasan Monas.

"Untuk Car Free Night pada malam tahun baru, memang ini ide Polda Metro Jaya. Agar masyarakat lebih konsentrasi lagi merayakan pergantian tahun. Bisa lebih familiar dan tak terganggu kemacetan," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Rabu, 19 Desember 2012.

Rikwanto menuturkan, pelaksanaan Car Free Night akan dilakukan pada 31 Desember 2012 hingga 1 Januari 2013. "Jadi pas malam itu saja," ucapnya.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKB Wahyono mengungkapkan, penerapannya bisa dilakukan sekitar 8 jam. Dimulai dari pukul 18.00 WIB. "Dilakukan pada 31 Desember 2012 malam, kemungkinan dimulai jam 18.00 sore sampai pergantian tahun. Kira-kira sekitar 8 jam diberlakukan Car Free Night," katanya.(Frd)