Sukses

Bendungan Cimahi dan Ciawi Ditargetkan Beres Tahun Ini, Wagub DKI: Bisa Kurangi Banjir Kiriman ke Jakarta

Riza meyakini keberadaan Waduk Ciawi dan CImahi mampu mengurangi kiriman banjir dari daerah luar Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menilai Bendungan Cimahi dan Ciawi di Jawa Barat, dapat menjadi solusi untuk mengurangi dampak banjir kiriman Jakarta.

Menurut Riza, pembuktian solusi itu dapat terbukti saat waduk tersebut rampung di akhir tahun.

"Waduk (bendungan) di Cimahi dan Ciawi yang Insyaallah informasi dari pemerintah pusat itu ditargetkan akhir tahun ini. Mudah-mudahan dengan kehadiran dua waduk ini bisa mengurangi kiriman banjir dari daerah luar Jakarta," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (1/11/2021).

Sampai saat ini, lanjut Riza, Pemprov DKI dan Pemerintah Pusat terus berkoordinasi melaksanakan tugas masing-masing dalam hal penanganan banjir.

Dia mencontohkan, pengerjaan sodetan Kali Ciliwung, dikerjakan oleh pihak provinsi dan pusat.

"Berbagai upaya kali Ciliwung sudah diupayakan, sedang dibuat juga codetan bersama dengan PUPR pemerintah pusat membuat sodetan dari Kali Ciliwung ke BKT masih dalam proses, belum selesai. Mudah-mudahan (cepat selesai), kami (Pemprov) bergerak di pembebasan lahan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

82 Kelurahan Rawan Banjir

Sebagai informasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan sebanyak 82 kelurahan di Jakarta dinilai rawan terdampak banjir pada tahun ini.

Kemudian, sebanyak 34 di antaranya menjadi perhatian khusus karena berada di daerah yang dilintasi langsung oleh Sungai Ciliwung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.