Sukses

Berikan Seribu Sembako ke PKL Jakarta, Kakorlantas Polri Dengar Curhatan Pedagang

Istiono mengatakan, pedagang kaki lima yang selama ini terasa terdampak karena pendapatannya hanya dari ke hari memang terasa turun.

Liputan6.com, Jakarta - Polri terus melakukan bantuan sosial di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Kali ini, para pedang kaki lima di DKI Jakarta yang menjadi penerima paket sembako.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) dalam kegiatan bansos ini. Total ada 1.000 pedagang di DKI Jakarta yang menerima paket sembako.

"Pada kesempatan hari ini kita bagi lebih kurang 1.000 paket sembako untuk rekan-rekan pedagang kaki lima yang selama ini mungkin terasa terdampak karena pendapatannya hanya dari ke hari memang terasa turun," ujar Istiono di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (27/8/2021).

Dalam penyerahan secara simbolis, Istiono tampak berbincang-bincang ke beberapa pedagang. Istiono juga mendengarkan keluhan para pedagang selama masa pandemi COVID-19.

"Selama ini saya jualan di sekolah, tapi berhubung sekolah libur jadi susah Pak. Tapi ya berhubung namanya jualan ya tetap jalan pak, keliling-keliling aja," ucap pedagang batagor, Taufiq.

Di samping itu, Istiono juga menanyakan ihwal vaksinasi COVID-19. Sebagian besar para pedagang sudah dilakukan vaksinasi.

"Sudah (divaksin), dua kali," kata penjual jamu, Maryati saat ditanyai Istiono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong PKL Tetap Semangat

Dalam kesempatan sama, Ketua APKLI, Ali Maksun Atmo memastikan pihaknya selalu mendorong para pedagang kaki lima agar selalu bersemangat di masa pandemi. Ali menyebut, pihaknya juga mendorong agar para pedagang mengikuti vaksinasi COVID-19.

"Sejak Maret 2020 terus mendampingi PKL Pak, dari dua sisi. Satu sisi tetap optimis tetap berjualan untuk mengais rezeki. Satu sisi tetap kita dorong untuk taat protokol kesehatan dan segera melakukan vaksinasi COVID-19," tutur Ali.

Istiono menambahkan, Polri akan selalu berada bersama masyarakat, meskipun di masa-masa sulit. Dia juga mengingatkan kepada para PKL agar selalu menerapkan protokol kesehatan saat berjualan.

"Pesan untuk rekan-rekan yang terpenting adalah jaga prokes ya. Sekali lagi, yang terpenting lagi adalah pakai masker, ya. Pakai masker. Di mana saja, di tempat umum," jelas Istiono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.