Sukses

Rumah Digital Indonesia, Wadah Partisipasi dan Kebersamaan untuk Rayakan Kemerdekaan

Merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76, Pemerintah resmi meluncurkan Rumah Digital Indonesia (RDI) pada Minggu, 1 Agustus 2021.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Agustus telah tiba, ini adalah bulan spesial bagi bangsa Indonesia karena di bulan ini tepatnya tanggal 17 Agustus 1945 adalah awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76, Pemerintah resmi meluncurkan Rumah Digital Indonesia (RDI) pada Minggu, 1 Agustus 2021.

Presiden Joko Widodo mengatakan, RDI merupakan wadah untuk menyemarakkan kemerdekaan di tengah pandemi Covid-19. 

"Dalam suasana pandemi sekarang ini, kita merayakannya dengan cara yang berbeda. Kita akan lebih merayakannya dalam dunia virtual yang kita sebut Rumah Digital Indonesia," ujar Presiden  Jokowi. 

Seluruh warga bisa berpartisipasi aktif dengan melakukan berbagai kegiatan di RDI, seperti bermain lomba khas 17-an sampai menikmati berbagai kesenian dan budaya khas daerah-daerah di Indonesia. Tak hanya itu, masyarakat juga bisa berinteraksi, berbelanja produk UMKM dari 34 daerah,  hingga bergotong royong membantu sesama melalui ruang-ruang di RDI. 

"Ini adalah sebuah ruang digital sebagai wadah partisipasi dan kebersamaan dalam merayakan bulan kemerdekaan," kata Presiden. 

Staf Khusus Presiden yang juga Ketua Bidang Pengembangan Konten Rumah Digital Indonesia Putri Tanjung berujar, RDI akan hadir selama bulan kemerdekaan. Masyarakat bisa mengaksesnya di www.rumahdigitalindonesia.id.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jelajahi Keindahan Nusantara di Rumah Digital Indonesia

Putri mengatakan, RDI juga bisa menjadi media untuk menjelajahi berbagai keindahan alam dan budaya Nusantara. 

"Di Rumah Digital Indonesia, kita bisa merayakan kemerdekaan tanpa ada sekat, bisa  berkolaborasi membuat karya, dan belajar lebih mengenal Indonesia dengan segala kekayaan ragam budaya dan keindahannya," ucap Putri.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, rangkaian jalannya perayaan kemerdekaan RI, mulai dari doa kebangsaan, pidato kenegaraan, sampai upacara peringatan detik-detik proklamasi juga bisa disaksikan di Panggung Nasional RDI.

“Pemerintah masih menjalankan upacara digelar minimalis sesuai protokol kesehatan ketat, masyarakat berpartisipasi secara daring. Jadi keramaiannya di dunia virtual. Di Rumah Digital Indonesia itu, kegiatan luring bisa disaksikan secara daring,” kata Pratikno.

3 dari 3 halaman

Masyarakat Bisa Kirim Konten Video

Selain menikmati berbagai konten yang disuguhkan di RDI, masyarakat bisa berpartisipasi dengan mengirimkan konten video menarik bertema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" untuk ditampilkan di berbagai panggung dan ruang di RDI.  

Konten bisa berupa menyanyikan lagu nasional hingga lagu daerah, membaca puisi, menari, memainkan drama atau bermonolog, dan ide-ide perayaan kemerdekaan secara kreatif lainnya  seperti tiktok dengan durasi video minimal 1 menit. 

Masyarakat bisa mengirimkan karyanya ke tautan bit.ly/joinvideokreasiHUTRI76 sampai 20 Agustus 2021. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini