Sukses

Kerumunan Vaksinasi Covid-19 di Stadion Bekasi, Wali Kota: Tak Perlu Khawatir Klaster Baru

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan bahwa seluruh peserta sudah lebih dulu menjalani screening, sehingga dipastikan tidak terpapar Covid-19.

Liputan6.com, Bekasi - Vaksinasi Covid-19 massal kembali digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Kamis (8/7/2021) pagi. Sebanyak 50.000 peserta dari berbagai wilayah di Kota Bekasi terlihat memadati stadion berkapasitas 30.000 kursi itu.

Kerumunan pun tak terelakkan akibat antusiasme warga mendapatkan vaksin Covid-19. Ratusan petugas yang berjaga tak hentinya mengingatkan peserta untuk menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.

Meski demikian, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengaku tak khawatir terhadap kemungkinan munculnya klaster baru akibat kegiatan tersebut. Pasalnya, seluruh peserta sudah lebih dulu menjalani screening, sehingga dipastikan tidak terpapar Covid-19.

"Mereka yang datang ke sini adalah orang-orang yang sudah di-screening," kata Rahmat kepada awak media.

Menurut dia, para peserta yang divaksin dipastikan telah memenuhi persyaratan, seperti tensi darah stabil, tidak sedang sakit, dan negatif Covid-19.

"Artinya ke sini sudah clear, tidak perlu khawatir ada klaster baru," ungkap Rahmat.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disiapkan 300 Vaksinastor

Dia menjelaskan, vaksinasi massal hari ini dibagi menjadi dua sesi. Pemkot Bekasi menyiapkan 300 vaksinator, yang masih ditambah 150 orang tenaga bantuan.

Proses penyuntikan vaksin pun terbilang cepat, kurang lebih 30 detik per peserta. Dengan demikian peserta akan terus bergerak sehingga dapat mengurai kerumunan.

"Jangan dihitung kapasitas kursi, hitung pergerakan orangnya," pungkas Rahmat.

Sebelumnya vaksinasi Covid-19 massal di Kota Bekasi sudah dilaksanakan sebanyak empat kali. Vaksinasi pertama pada 14 Juni 2021, sebanyak 4.500 dosis.

Vaksinasi kedua 19 Juni 2021, sebanyak 4.000 dosis. Vaksinasi ketiga pada 23 Juni 2021, sebanyak 8.000 dosis. Dan vaksinasi keempat 1 Juli 2021 dengan 25.000 dosis vaksin.

Vaksinasi massal ini menargetkan peserta 18 tahun ke atas hingga lansia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.