Sukses

LTMPT: Bagi yang Lulus SBMPTN, Segera Cek Jadwal Daftar Ulang

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menetapkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2021. LTMPT menetapkan 184.942 peserta dinyatakan lulus SBMPTN 2021, yang terdiri dari 92.963 prodi Saintek dan 91.979 prodi Soshum. 

"Perserta reguler diterima sebanyak 123.875 dan KIP Kuliah 61.067 orang. Seleksi ini juga diikuti oleh 265 peserta difabel dengan jumlah diterima di prodi Saintek 19 orang dan prodi Soshum 44 orang,” kata Ketua LTMPT Moh. Nasih dalam keteranganya, Senin (14/6/2021).

Nasih menyampaikan selamat bagi para calon mahasiswa yang lulus PTN, ia mengingatkan agar segera menyiapkan pendaftaran ulang. Selain itu, bagi yang belum lulus ia minta agar tidak putus asa.

"Selamat kepada peserta yang dinyatakan lulus PTN tujuan. Kepada peserta lulus diingatkan agar segera mengetahui jadwal pendaftaran ulang calon mahasiswa baru di laman masing-masing PTN," ucap dia. 

2 dari 3 halaman

Masih Ada Jalur Mandiri dan Kampus Swasta

Sementara itu, Nasih meminta, bagi peserta tidak lulus atau yang belum diterima agar tidak berputus asa dan tetap semangat, karena masih memiliki kesempatan untuk mengikuti Seleksi Jalur Mandiri di beberapa PTN atau menentukan pilihan di perguruan tinggi swasta. 

Nasih menjelaskan, jalur SBMPTN diberikan kuota minimum 40% dari daya tampung PTN. 

"Pelaksanaan tes menggunakan komputer, dengan biaya ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah. Peserta UTBK-SBMPTN terdiri dari 74 Universitas dan Institut Negeri, 12 vokasi di Universitas dan Institut (Unsita), 40 Politeknik Negeri dan 11 PT KIN (UIN) se Indonesia,” pungkas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: