Sukses

Kembali dari Mudik, 5 Orang di Tambun Bekasi Reaktif Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi terus melacak keberadaan pemudik yang baru tiba di kediaman masing-masing, untuk menjalani tes swab antigen. Pelacakan dilakukan hingga tingkat RT/RW.

Salah satunya di RW 25 Desa Sumberjaya, Tambun Selatan, yang disambangi pihak kepolisian bersama tenaga medis. Petugas mendatangi satu per satu rumah warga yang baru kembali dari kampung halaman.

Sedikitnya 90 orang warga yang diperiksa kesehatannya melalui tes swab antigen. Hasilnya terdapat lima orang yang dinyatakan reaktif.

"Sudah terkonfirmasi reaktif sekitar lima orang, yaitu bapak dan dua anaknya, kemudian seorang ibu dan satu anaknya," kata Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan kepada awak media, Jumat (21/5/2021).

Seluruh warga yang reaktif, kata dia, menjalani isolasi mandiri di kediaman masing-masing lantaran tidak bergejala. Selama menjalani isolasi, pasien akan diawasi oleh Satgas Penanganan Covid-19 setempat.

"Semuanya isolasi mandiri di rumah masing-masing, di bawah pengawasan Satgas Covid-19 Desa Sumberjaya," ujar Hendra.

Warga setempat mengapresiasi langkah pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19, dengan langsung mendatangi kediaman para pemudik di wilayah mereka.

"Bagus ya, maunya semua wilayah seperti ini, jemput bola. Tidak hanya mengandalkan warga pergi swab ke laboratorium atau rumah sakit," ujar Ati, warga setempat.

Menurutnya, upaya jemput bola perlu diterapkan di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, terutama di kalangan para pemudik.

"Ini harus jadi agenda semua wilayah, paling tidak Puskesmas Sumberjaya harus punya seperti ini, khusus untuk yang pulang mudik untuk mengurangi pemaparan Covid-19," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Pemeriksaan Diseluruh Kecamatan

Pemeriksaan kesehatan para pemudik ini dilakukan Satgas Penanganan Covid-19 di seluruh kecamatan Kabupaten Bekasi, hingga 24 Mei mendatang. Kegiatan ini masih dapat diperpanjang, mengingat arus balik pemudik masih terus berlangsung.

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: