Sukses

Buruh Gelar Aksi Peringatan May Day, Arus Lalin di Sekitar Monas Masih Normal

Serikat pekerja menggelar unjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Serikat pekerja menggelar unjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5/2021). Polisi pun menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan kendaraan.

Namun, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menegaskan, rekayasa lalu lintas tergantung situasi di lapangan.

"Rekayasa lalu lintas nanti sifatnya situasional," kata Sambodo soal rekayasa lalin pada peringatan Hari Buruh di silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5/2021).

Sambodo menerangkan, TNI, Polri serta Satpol PP DKI Jakarta sudah menyiapkan pengamanan agar unjuk rasa berjalan tertib dan sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Adapun jumlah personel yang dikerahkan 6.300 orang. Di mana 300 di antaranya personel dari lalu lintas.

"Peserta unjuk rasa kami arahkan mereka tetap jaga jarak dan menggunakan masker, kita akan laksanakan swab antigen sehingga mengurangi terjadinya penularan Covid-19," ucap dia.

Selain itu, Ditlantas membuat skenario rekayasa lalu lintas seandainya massa membeludak dan menganggu arus lalu lintas.

"Seandainya Bundaran Patung kuda tertutup massa, maka penyekatan akan dimulai kebon sirih maupun kiri atau kanan, kita arahkan ke Tanah Abang. Sedangkan, Gambir depan Pertamina arah Istana juga kita tutup," ujar Sambodo.

Pantauan Liputan6.com, pukul 11.35 WIB arus lalu lintas di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha terpantau normal meski unjuk rasa peringatan Hari Buruh tengah berlangsung. Polisi sampai saat ini belum melakukan penutupan jalan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Skenario Pengalihan Arus Lalin

Berikut skenario pengalihan arus yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Kebon Sirih.- Jalan Abdul Muis arah ke Harmoni ditutup kendaraan dialihkan ke Jalan Tanah Abang I- Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup, kendaraan dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Timur

- Jalan Medan Merdeka Utara ditutup, kendaraan dari Jalan Medan Merdeka Timur dialihkan ke Jalan Perwira

- Jalan Museum ditutup

- Jalan Veteran Raya arah Harmoni ditutup, kendaraan daei arah Istiqlal dialihkan ke Jalan Dr. Soetomo

- Jalan Majapahit arah Monas dan Harmoni ditutup, kendaraan dari Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Ir Juanda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.