Sukses

Ma'ruf Amin Ajak Ulama Gaungkan Jaga Alam Guna Jaga Kelestarian Bumi

Ma'ruf mengajak, sebagai umat Islam sudah seharusnya menjadi bagian penting, dalam upaya mewujudkan Green Economy.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai, keseimbangan ekosistem lingkungan harus terus dilestarikan. Sebab menurut dia, jika hal itu terganggu maka musibah dalam bentuk bencana alam akan terus terjadi. 

"Untuk itu konsep Ekonomi Hijau atau Green Economy harus dilaksanakan oleh seluruh masyarakat, termasuk para ulama," kata Ma'ruf dalam Peringatan Nuzulul Quran Kenegaraan melalui konferensi video, seperti dikutip dari siaran persnya, Jumat (30/4/2021).

Ma'ruf mengajak, sebagai umat Islam sudah seharusnya menjadi bagian penting, dalam upaya mewujudkan Green Economy ini. Dia berharap para ulama dapat menjadi pelopor dan penggerak konsep Ekonomi Hijau.

Ma'ruf menjelaskan, Green Economy adalah suatu model ekonomi yang dibangun di atas dasar kesadaran akan pentingnya pelestarian ekosistem yang menyeimbangkan aktivitas manusia sebagai pelaku ekonomi dengan ketersediaan sumber daya alam yang terbatas.

Dia meyakini, konsep tersebut merupakan salah satu bentuk pengamalan ajaran Al Quran. 

"Di dalam Alquran memuat beragam petunjuk kehidupan, di antaranya adalah semangat untuk menjaga perdamaian dan keseimbangan alam, termasuk dalam pemanfaatan alam oleh manusia," jelas Ma'ruf.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah Kerusakan Lingkungan

Ma'ruf mengimbau agar seluruh umat manusia dapat berperan aktif untuk menjaga alam.

Dia berharap, tidak ada sikap abai atau lengah dengan aktivitas eksplorasi ekonomi yang dilakukan segelintir orang yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan. 

"Kita harus lebih aktif melakukan berbagai upaya dan ikhtiar agar aktivitas yang menyebabkan kerusakan lingkungan dapat segera dihentikan. Sehingga alam yang kita tempati ini bisa kita rawat dan nikmati secara berkelanjutan, dari satu generasi ke generasi berikutnya,” Ma'ruf menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.