Sukses

Puan Maharani Minta Pencarian KRI Nanggala-402 Dioptimalkan

Ketua DPR, Puan Maharani, mengungkapkan kesedihan atas hilangnya KRI Nanggala-402 sejak Rabu (21/4/2021). Dia meminta pencarian terus dioptimalkan guna mengetahui kondisi kapal selam beserta 53 awaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR, Puan Maharani, mengungkapkan kesedihan atas hilangnya KRI Nanggala-402 sejak Rabu (21/4/2021). Dia meminta pencarian terus dioptimalkan guna mengetahui kondisi kapal selam beserta 53 awaknya.

"Doa terbaik untuk seluruh patriot awak KRI Nanggala-402 penjaga kedaulatan laut NKRI. Semoga kapal ditemukan dan awaknya selamat," kata Puan seperti dikutip dari Antara, Sabtu (24/4/2021).

TNI menyatakan KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan utara Bali tenggelam. Adapun status subsunk (tenggelam) kapal buatan Jerman itu ditetapkan setelah melakukan pencarian selama 72 jam.

Dalam usaha pencarian kapal keluaran 1979 itu ditemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik tenggelamnya KRI Nanggala-402.

Serpihan yang ditemukan di antaranya pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, botol oranye pelumas periskop kapal selam hingga perlengkapan salat.

"Kami berharap proses pencarian terus dilakukan dengan optimal sampai kapal dan seluruh awaknya ditemukan," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa dari Masyarakat Indonesia

Ia yakin masyarakat di Tanah Air juga ikut mendoakan keselamatan para awak kapal selam KRI Nanggala-402.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, mengatakan komponen yang melekat di kapal selam dan diyakini bagian dari KRI Nanggala-402 telah menjadi temuan selama pencarian KRI Nanggala-402. 

"Komponen itu berupa pelurus tabung torpedo, grease (gemuk), alas untuk sholat dan beberapa spons yang mengecil," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.