Sukses

Bencana di NTT - NTB, Megawati Koordinasikan Kader Partai Bantu Para Korban

PDIP sudah menurunkan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) ke wilayah yang terkena bencana di NTT dan NTB.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri turun tangan mengkoordinasikan kader partainya untuk membantu para korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal itu diungkap oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam pembukaan rapat koordinasi nasional (Rakor) bidang Pariwisata yang digelar secara virtual, Rabu (7/4/2021).

Menurut Hasto, PDIP sudah menurunkan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) ke wilayah yang terkena bencana. Wasekjen PDIP Sadarestuwati berada di lapangan untuk memimpin koordinasinya.

"Tadi malam Ibu Megawati terus mengkoordinasikan bagaimana gerak Baguna dalam tanggap bencana di NTT," kata Hasto.

Penyelamatan para korban, kata Hasto, dilakukan petugas Baguna PDIP bersama pemda setempat. Selain itu, kerja-kerja distribusi bantuan dan logistik juga dilakukan. Pada hari ini, PDIP kembali mengirim logistik setelah melaksanakannya sejak minggu lalu.

"Instruksi Ibu Mega sangat detail di dalam tanggap darurat penanganan bencana. Sampai Beliau menuliskan sendiri jenis obat-obatan, makanan, dan hal-hal penting yang harus dibeli untuk menolong ibu-ibu dan anak-anak,” kata Hasto.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Global Warming

Dari Bali, lanjut Hasto, Megawati juga memerintahkan agar Ketua DPD PDIP Provinsi Bali I Wayan Koster segera bergerak. Yakni membangun posko dan mengerahkan kader Baguna Bali segera diterjunkan ke NTT.

Lebih jauh, Hasto mengatakan PDIP juga terus mendorong kesadaran bahwa masalah kebencanaan tak hanya soal tindakan pasca bencana. Yang utama adalah mencermati perkembangan dan dampak global warming saat ini.

Mengambil contoh di bencana di NTT, yang terjadi akibat anomali cuaca sehingga tercipta badai siklon tropis. "Proses ini yang membawa dampak hingga terjadi bencana ke NTT. Itulah ketika alam tak kita kelola dengan baik," kata Hasto.

"Maka Ibu Megawati dan PDI Perjuangan selalu mengingatkan, bahwa dalam politik perencanaan pembangunan, kita harus memperhatikan perubahan iklim yang dampaknya dahsyat dalam bencana lingkungan," pungkas Hasto.

Adapun Rapat Koordinasi itu dipimpin Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang hadir secara virtual, serta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang hadir di kantor pusat partai di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.