Sukses

Doa Sandiaga The New Istiqlal Jadi Episentrum Wisata Religi

Sandiaga Uno berharap, perbaikan ini akan menjadikan Masjid Istiqlal sebagai pusat peradaban Islam di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal masih berbenah usai renovasi. Banyak perbaikan dan peningkatan pelayanan yang akan sangat dirasakan. Baik untuk jamaah, warga masyarakat dan juga wisatawan. Tidak hanya ruang ibadah, parkir dan palataran, tetapi juga UMKM akan lebih tertata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap, perbaikan ini akan menjadikan Masjid Istiqlal sebagai pusat peradaban Islam di Indonesia.

"Hari ini kita bisa saksikan tahap awal dari renovasi satu monumen Masjid Istiqlal yang insyaAllah menjadi peradaban Islam ke depan yang betul-betul menghadirkan Islam yang rahmatan lil'alamin," kata Sandiaga saat meninjau renovasi Masjid Istiqlal, belum lama ini.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga ditemani Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar. Pria yang akrab disapa Mas Menteri itu diajak berkeliling meninjau kawasan yang bakal dijadikan sebagai pusat pemberdayaan umat.

"Bukan saja Masjid Istiqlal yang baru, tapi program dan visinya pun juga harus baru. Dan salah satu program kita ini, kalau dulu adalah masyarakat memberdayakan masjid. Nah kita balik, masjid yang harus memberdayakan masyarakat. Jadi insyaAllah ke depan, tentu di bawah arahan Bapak Menteri terutama untuk ekonomi kecil, rakyat kecil itu akan kita berikan pemberdayaan," kata Nasaruddin Umar.

Sandiaga berdoa agar proses renovasi Masjid Istiqlal berjalan lancar dan ke depan terus menjadi kawasan wisata religi dan sejarah, serta menjadi pusat peradaban yang akan menggeliatkan pariwisata dan ekonomi kreatif dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

"Kita doakan The New Istiqlal menjadi episentrum dari wisata religi yang membuka banyak kebermanfaatan Islam yang rahmatan lil'alamin dan membuka peluang kerja, membangkitkan dan menumbuhkan kembali sektor pariwisata pasca pandemi ini," kata Sandiaga.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebanggaan Seluruh Rakyat

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Masjid Istiqlal tampak seperti baru dan berubah total, pasca direnovasi.

"Renovasi masjid Istiqlal agar menjadi semakin megah bukan untuk gagah-gagahan. Bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam, tapi juga menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi saat meresmikan Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (7/1/2021).

Untuk merenovasi Masjid Istiqlal, pemerintah menggelontorkan anggaran negara sebanyak Rp 511 miliar. Hasilnya, masjid terbesar di Indonesia ini menjadi lebih tertata rapi, megah, dan modern.

Saat ini masih ada pengerjaan terowongan silaturahmi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral itu akan berlangsung selama dua bulan lebih, atau mulai 20 Januari hingga 31 Maret 2021.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.