Sukses

3 Hal Terkait Rangkap Jabatan Risma Sebagai Mensos dan Wali Kota Surabaya

Meski sudah dilantik menjadi Menteri Sosial, Tri Rismaharini atau Risma saat ini juga masih belum melepaskan jabatan Wali Kota Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Tri Rismaharini atau Risma saat ini sudah resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Sosial. Kendati begitu, dia belum melepaskan jabatannya sebagai Wali Kota Surabaya.

Seperti diketahui, jabatan Risma sebagai Wali Kota Surabaya akan berakhir Februari 2020 atau kurang dua bulan lagi. Dengan begitu, praktis Risma merangkap jabatan.

Pilkada Surabaya sudah berlangsung pada 9 Desember 2020 lalu dan dimenangkan oleh Eri Cahyadi berdasarkan hasil perhitungan KPU. Eri akan menggantikan Risma sebagai Wali Kota Surabaya.

Terkait rangkap jabatan tersebut, Risma mengaku sudah izin kepada Jokowi. Orang nomor 1 di Indonesia itu pun memberikan izin kepada Risma untuk rangkap jabatan.

"Mungkin karena saya masih merangkap wali kota untuk sementara waktu, saya sudah izin Pak Presiden, 'Ndak apa-apa, Bu Risma pulang pergi.'," kata Risma dalam video YouTube Kemensos RI, Rabu, 23 Desember 2020.

Oleh karena itu, Risma pun mengaku siap untuk pulang pergi Jakarta-Surabaya selama merangkap jabatan.

Berikut 3 hal terkait rangkap jabatan Risma sebagai Wali Kota Surabaya dan Menteri Sosial dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sudah Dapat Izin Jokowi

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma mengatakan, sementara ini akan merangkap jabatan sebagai menteri dan Wali Kota Surabaya, Jawa Timur.

Dia pun mengaku sudah menyampaikannya kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Mungkin karena saya masih merangkap wali kota untuk sementara waktu, saya sudah izin Pak Presiden, 'Ndak apa-apa, Bu Risma pulang pergi.'," kata Risma dalam video YouTube Kemensos RI, Rabu, 23 Desember 2020.

 

3 dari 5 halaman

2. Sudah Konsultasi dengan Mendagri

Tak hanya pada Jokowi, Risma juga mengaku sudah berkonsultasi dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Namun, Risma mengaku, Presiden Joko Widodo sudah memberinya petunjuk, bahwa sementara masih bisa memimpin Surabaya.

"Tapi, Pak Presiden tadi aku sudah izin, Bapak bagaimana? Sudah, Bu Risma wira-wiri sementara begitu," kata dia.

 

4 dari 5 halaman

3. Ingin Resmikan Jembatan hingga Museum di Surabaya

Sudah mendapatkan izin dari Presiden Jokowi, maka Risma menyebut dirinya akan bolak balik Jakarta-Surabaya untuk sementara.

Risma juga mengutarakan ingin meresmikan jembatan dan museum olahraga di Surabaya, Jawa Timur.

"Saya masih merangkap wali kota untuk sementara waktu. Pulang pergi Surabaya resmikan jembatan. Saya buat jembatan ada air mancur sayang kalau tak resmikan itu," ucap dia.

"Saya juga mau resmikan museum olahraga yang ada jersey Rudy Hartono dan raket Alan Budi Kusuma. Saya resmikan itu untuk anak-anak Surabaya," tutup Risma.

Pemerintah Kota Surabaya sedang membangun Jembatan Joyoboyo yang terletak di sisi selatan Terminal Intermoda Joyoboyo. Pembangunan ini ditargetkan selesai pada Desember 2020. Pembangunan jembatan tersebut akan menjadi ikon Surabaya.

Sedangkan Museum Olahraga terletak di Komplek Gelora Pancasila. Saat ini pengerjaan museum itu proses penyempurnaan.

Gedung museum terdiri dari dua lantai dengan total luas sekitar 600 meter persegi dan dibangun sejak Juli 2020.

5 dari 5 halaman

6 Wajah Baru dalam Reshuffle Kabinet Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.