Sukses

Demokrat Klaim Menangi Pilgub di 4 Provinsi

Sekretaris Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyatakan, partainya sukses merealisasi target kemenangan di pilkada 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyatakan, partainya sukses merealisasi target kemenangan di pilkada 2020. Dari 270 Pilkada yang berlangsung, Demokrat mengusung di 250 Pilkada, termasuk 9 diantaranya kontestasi Pilgub.

"Kesuksesan Pilkada bernilai penting dan strategis karena secara empirik berkorelasi erat dan berhubungan timbal balik dengan sukses Pileg dan sukses Pilpres,” ujar Kamhar dalam keterangannya, Kamis (10/12/2020).

Dia menyatakan, dari 9 Pilgub, Demokrat menang di empat daerah. Yaitu Pilgub Kalimantan Selatan pasangan Denny Indrayana dan Difriadi, Pilgub Kalimantan Utara pasangan Zainal A. Paliwang dan Yansen TP,  Pilgub Bengkulu pasangan Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah dan Pilgub Sulawesi Tengah pasangan Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir.

Sementara untuk Pilkada Kabupaten/kota, dari 241 Pilkada yang diikuti sebagai pengusung dan pendukung, Partai Demokrat memperoleh kemenangan di 143 daerah atau sebesar 57% daerah Pilkada.

"Dari jumlah kemenangan tersebut, 83 daerah Pilkada yang menang mengusung kader sendiri sebesar 57% dari Pilkada yang diikuti atau 31% dari total Pilkada kabupaten/kota yang dilaksanakan,” terangnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin Semangat

Kemenangan Demokrat antara lain Jabar 4 kemenangan dari 7 Pilkada, Jateng 12 kemenangan dari 15 Pilkada yang diikuti, Jatim 13 kemenangan dari 18 Pilkada uang diikuti, Sumut 10 kemenangan dari 22 Pilkada yang diikuti, Kaltim 5 kemenangan dari 7 Pilkada yang diikuti, Sulsel 6 kemenangan dari 12 Pilkada yang diikuti, Sulbar 3 kemenangan dari 4 Pilkada yang diikuti, Maluku 3 kemenangan dari 4 Pilkada yang diikuti dan Papua 9 kemenangan dari 11 Pilkada yang diikuti.

“Capaian ini memiliki arti penting bagi Partai Demokrat, apalagi melampui target yang telah ditetapkan sebelumnya sebesar 35%, kami malah berhasil mencapai 57%," ujarnya.

Menurutnya, ini berdampak positif dan kontributif pada peningkatan moral, semangat dan rasa percaya diri kader dan partai, apalagi banyak kemenangan yang dicapai oleh kader sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.