Sukses

Satgas Sebut Kerumunan di Soetta hingga Petamburan Buat Kasus Covid-19 Melonjak

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengakui bahwa terjadi peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah daerah, khususnya di DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengakui bahwa terjadi peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah daerah, khususnya di DKI Jakarta. Selain dikarenakan libur panjang akhir Oktober lalu, kenaikan kasus juga disebabkan karena adanya kerumunan massa di Petamburan hingga Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

"Sejumlah kasus yang ikut menambah terjadinya kasus selama libur panjang adalah kegiatan-kegiatan kerumunan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. Terutama di wilayah Bandara Soetta, di wilayah Kelurahan Petamburan, dan juga wilayah Slipi. Kemudian juga Tebet Timur, serta Megamendung," jelas Doni usai rapat bersama Presiden Jokowi, Senin (23/11/2020).

Dia pun meminta agar masyarakat yang ikut berkerumun di acara-acara tersebut segera melakukan tes usap (swab) Covid-19. Doni menyampaikan bahwa masyarakat dapat memeriksakan diri secara gratis di sejumlah puskesmas.

"Hal (tes swab) ini sangat penting agar bisa sesegera mungkin diketahui apakah mereka yang ikut kerumunan tersebut terpapar atau tidak," jelasnya.

Menurutnya, tes ini penting sebagai deteksi dini untuk penanganan selanjutnya. Jika masyarakat mendapat perawatan dengan cepat, maka dapat mengurangi risiko kematian akibat Covid-19.

"Masyarakat agar secara sukarela bersedia melakukan pemeriksaan swab apakah PCR atau antigen. Sekali lagi, upaya untuk mengetahui secara dini akan sangat membantu percepatan penyembuhan," tuturnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

80 Orang Positif Covid-19 di Acara Rizieq

Sebelumnya, Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muhammad Budi Hidayat mengatakan, 80 orang yang hadir dalam acara pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, positif Covid-19.

Dia menuturkan, rinciannya adalah, 50 orang dinyatakan positif bagi yang hadir di Tebet, dan 30 yang hadir dalam acara Rizieq Shihab yang digelar di Petamburan.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) di Labkesda 21 November 2020 ditemukan di Tebet total 50 kasus positif dan di Petamburan sebanyak 30 kasus," kata Budi, dalam konferensi pers, Minggu 22 November 2020.

Sementara, untuk acara di Megamendung, Jawa Barat, belum menunjukkan hasil. Menurutnya, saat ini, ada 15 orang yang hadir di acara Rizieq Shihab di Megamendung, masih menunggu hasil pemeriksaan.

"Di Megamendung terdapat 15 sedang menunggu hasil pemeriksaan," ucap Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.