Sukses

6 Fakta Penyebar Video Syur Mirip Gisel Ditangkap hingga Jadi Tersangka

Dua pelaku penyebar video syur mirip Gisel akhirnya ditangkap. PP dan MM terbukti menyebarkan video syur tersebut dan keduanya kini ditetapkan tersangka.

Liputan6.com, Jakarta Polisi mengungkap siapa pelaku penyebar video syur mirip artis Gisella Anastasia atau Gisel. Keduanya adalah PP dan MM dan kini telah ditetapkan tersangka. 

Penangkapan tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus dan bahkan pihaknya telah melakukan penahanan. 

"Keduanya ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan," kata dia di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (13/11/2020).

Sebelumnya, pengacara berinisial FD melaporkan sejumlah akun media sosial ke pihak Polda Metro Jaya untuk mengungkap siapa dalang di balik penyebaran video mirip Gisel. 

Dari situ polisi kemudian melakukan gelar perkara hingga statusnya naik dari penyelidikan ke tingkat penyidikan. 

Seperti diketahui, berita video syur mirip Gisel sebelumnya sempat menjadi trending topik di media sosial dengan tagar Gisel.

Kemiripan yang dimiliki keduanya, belum lagi rambut berpotongan bob di atas bahu dan kulit putihnya membuat tak sedikit warganet yang dibuat percaya. 

Lantas, apa sebenarnya motif kedua tersangka PP dan MM hingga menyebarkan video tersebut? Ini sederet faktanya: 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kedua Pelaku Ditahan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyebutkan, penyidik telah menelusuri akun media sosial yang dikelola oleh PP dan MM. Hasilnya, mereka terbukti menyebarkan video syur mirip Gisel tersebut.

"Keduanya ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (13/11/2020).

Sebelumnya, Pengacara berinisial FD membuat laporan polisi perihal tersebar video syur mirip artis Gisella Anastasia alias Gisel. Laporan dilayangkan ke Polda Metro Jaya.

FD meminta kepolisian mengusut dalang di balik beredarnya rekaman video tak senonoh mirip Gisel itu. FD melampirkan sejumlah akun media sosial.

3 dari 7 halaman

Motif Kedua Tersangka

Saat pemeriksaan, keduanya, PP dan MM, mengungkap motifnya menyebarkan video tersebut.

Mereka mengaku mengunggah dan memviralkan video tak senonoh mirip Gisel tersebut demi memperoleh banyak pengikut di akun media sosial.

"Apa motif yang sekarang jadi tersangka? Pengakuannya untuk naikkan followers dia dan untuk mengikuti kuis atau give away kalau followers-nya banyak. Ini menurut dia, tapi masih kita dalami lagi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, Jumat (13/11/2020).

Yusri menyatakan, penyidik masih menginterogasi kedua tersangka di Polda Metro Jaya. Dia pun masih belum berbicara banyak mengenai motif.

"Masih didalami," ucap Yusri.

4 dari 7 halaman

Video Mirip Gisel Diperoleh dari Media Sosial

Dari hasil pemeriksaan sementara, keduanya mengaku mendapatkan rekaman video syur mirip Gisel diperoleh dari media sosial lain. kedua tersangka mengaku hanya ikut menyebarkan.

"Kami masih dalami terus, awalnya dia mendapatkan dari salah satu akun medsos. Kedua-duanya ini dari akun media sosial dan dia share secara masif," ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Jumat (13/11/2020).

Saat ini kedua penyebar video mirip Gisel tersebut ditahan di Polda Metro Jaya.

5 dari 7 halaman

Polisi Akan Panggil Gisel

Polisi mengagendakan pemeriksaan terhadap Gisella Anastasia pekan depan. Pemeriksaan ini untuk menindaklanjuti keterangan salah satu tesangka penyebar video syur mirip Gisella Anastasia alias Gisel.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, pihaknya telah melayangkan surat panggilan kepada Gisella Anastasia untuk hadir sebagai saksi pada 17 November 2020 mendatang.

"Minggu depan kami lakukan pemeriksaan kepada artis yang mirip itu. Inisial GA," kata dia di Polda Metro Jaya, Jumat (13/11/2020).

Menurut dia, nama berinisial GA muncul pada saat kedua tersangka dimintai keterangan. Penyidik menilai perlu untuk memeriksa artis tersebut.

"Selasa akan kita undang ke sini. Jadi tidak ada berandai-andai," ujar dia.

6 dari 7 halaman

Ahli IT Akan Dilibatkan

Selain itu, kepolisian juga melibatkan ahli IT guna dimintai pandangan terkait kasus penyebaran video syur mirip Gisella Anastasia. Yusri mengatakan, penyidik menjadwalkan pada Senin, 16 November 2020.

"Kami panggil ahli IT untuk bisa lebih terang perkara ini," ujarnya. 

7 dari 7 halaman

Polisi Bidik Pembuat Video Syur

Dalam keterangannya, Yusri juga menyampaikan, bahwa kedua orang tersebut bukanlah yang pertama kali menyebarkan video syur mirip Gisel. Tapi, hanya membagikan ke akun media sosial lain secara masif.

Kepada kepolisian, keduanya mengaku memperoleh rekaman video dari salah satu akun media sosial. Mereka kemudian menyebarkan agar mendapatkan banyak pengikut.

"Apa motif daripada yang sekarang tersangka? Ini kami masih mendalami terus. Awalnya adalah dia mendapatkan dari salah satu akun medsos, kemudian dia share secara masif untuk apa? Pengakuannya dia untuk menaikan follower dia, yang kedua untuk ikuti kuis kalau folowernya banyak," papar dia.

Yusri menerangkan, kepolisian tidak berhenti sampai di sini. Pihaknya sedang berupaya mengidentifikasi orang yang mengunggah pertama kali ke media sosial. Juga mencari sosok pemeran dalam video syur mirip Gisel.

"Nanti dari situ akan bertahap, kemudian nyari siapa sih yang menyebarkan pertama, lalu nanti siapa yang membuat video ini," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.