Sukses

Banjir Surut, Warga Kota Bekasi Mulai Bersih-Bersih Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Warga Kota Bekasi tepatnya di Perumahan Bumi Bekasi Baru, melakukan bersih-bersih rumah pasca-banjir yang merendam kediaman mereka pada Senin 26 Oktober 2020 kemarin.

Kepala Seksi Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Kota Bekasi, Suhendra mengatakan, banjir memang telah surut sejak pukul 08.00 WIB pagi tadi.

"Sudah surut dari pagi tadi pukul 08.00 WIB," kata Suhendra kepada awak media, Selasa (27/10/2020).

Tak hanya di Perumahan Bumi Bekasi Baru, warga di Kampung Lebak, Perumahan Bekasi Timur Regency, Mustikajaya dan Perumahan Pondok Mitra Lestari juga melakukan aksi serupa.

Suhendra menegaskan, timnya ikut membantu warga membersihkan rumah mereka usai terdampak banjir.

"Tim ikut membantu bersih-bersih lingkungan warga," ungkap Suhendra.

 

2 dari 3 halaman

Banjir Bekasi

Sebelumnya diberitakan, banjir di Perumahan Villa Nusa Indah 2, Kota Bekasi, Jawa Barat, mencapai ketinggian 1,2 meter. Meski demikian banyak warga yang enggan mengungsi dan lebih memilih bertahan di lantai dua rumah mereka.

Tim SAR gabungan yang menyusuri perumahan yang menjadi langganan banjir itu, menemukan banyak warga yang bertahan di lantai dua rumah, termasuk mereka yang memiliki balita dan para lansia.

"Setelah tim menyusuri, ternyata banyak dari warga setempat yang lebih memilih bertahan di lantai dua rumah mereka," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Hendra Sudirman, Minggu (25/10/2020).

Hendra menjelaskan, proses evakuasi warga yang dimulai sejak dini hari tersebut, sebelumnya telah dikoordinasikan dengan perangkat daerah setempat.

Sedangkan untuk jalur evakuasi, lanjut dia, ditentukan oleh tim gabungan dan relawan yang bersiaga di lokasi, mengingat ketinggian air yang mencapai 1 meter lebih.

"Tim relawan sudah ada lebih dulu di lapangan untuk menentukan jalur evakuasi, karena ketinggian air mencapai 120 sentimeter," paparnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: