Sukses

Usai Dinyatakan Positif Covid-19, Begini Kabar Menag Fachrul Razi

Liputan6.com, Jakarta Kondisi kesehatan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi berangsur pulih usai dinyatakan positif Covid-19 dari hasil tes swab, Kamis, 17 September 2020.

Menurut Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Menag Fachrul memiliki semangat yang kuat untuk sembuh hingga membuat proses kesembuhannya lebih cepat.

"Dokter memintanya untuk tetap istirahat. Beliau semangatnya untuk sehat ini luar biasa jadi mempercepat proses kesembuhannya. Mohon doanya mudah-mudahan proses recovery beliau," pinta Zainut soal kondisi Menteri Agama.

Seperti diketahui usai dinyatakan terkonfirmasi positif, tugas Menteri Agama dialihkan sementara kepada wakilnya, Zainut Tauhid. 

Meski kini dalam pemulihan, menurut Zainut, Menag Fachrul tetap memberi arahan kepada kementeriannya. 

"Beliau sering memberikan penugasan-penugasan, memberikan amanat untuk mewakili beliau, jadi relatif tidak ada hambatan. Dan kami juga terus, saya terus melakukan koordinasi," tutur Zainut, Senin, 28 September 2020.

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Fachrul Razi juga sempat berkontak erat dengan 48 orang yang berkaitan langsung dengan kegiatan Menag.

Lantas, seperti apa kondisi mereka kini?

2 dari 5 halaman

Memasuki Masa Pemulihan

Kondisi kesehatan Menteri Agama Fachrul Razi terus membaik. Fachrul Razi kini tengah menjalani penyembuhan usai dinyatakan positif Covid-19 sepekan kemarin.

"Perkembangan kesehatan beliau semakin membaik, sekarang tinggal proses recovery," kata Zainut Tauhid saat rapat kerja bersama Komisi VIII di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/9/2020).

Zainut menceritakan, Menteri Agama Fachrul memiliki semangat kuat untuk sembuh. Oleh karena itu, tim dokter yang merawat saat ini terus memantau kondisinya secara intensif.

3 dari 5 halaman

Kondisi Menag Stabil

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Agama (Kemenag) Oman Fathurrahman mengatakan, Menag telah menjalani isolasi selama 12 hari terhitung sejak 17 September 2020. Dia menyampaikan bahwa kondisi Menag Fachrul Razi, stabil.

"Kondisinya masih stabil. Proses isolasi dan perawatan masih berlanjut di rumah sakit," kata Oman dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/9/2020).

Oman meminta dukungan dan doa kepada seluruh pihak agar Menag Fachrul Razi kembali pulih dan dapat beraktivitas normal kembali.

"Kami mohon doa dari seluruh masyarakat agar Menag segera sembuh dan negatif Covid-19," katanya.

4 dari 5 halaman

Kabar yang Kontak Erat dengan Menag

Oman juga menyampaikan, ke-48 orang yang sempat kontak erat dengan Menag Fachrul Razi juga telah melakukan tes swab. Hasilnya, mereka semua negatif virus Corona Covid-19. 

"Kita sudah melakukan tracing. Total ada 48 orang yang dinilai pernah berinteraksi dengan Menag. Mereka sudah dites swab dan semua hasilnya negatif," tulis Oman Fathurrahman dalam siaran pers diterima, Selasa (29/9/2020).

Pihaknya juga melakukan tes usap kepada jajaran pimpinan Kemenag, termasuk Wamenag, staf ahli dan staf khusus, sejumlah Dirjen dan Direktur, Sekretaris Menteri, serta tim protokol dan humas yang melekat dalam kegiatan Menag Fachrul Razi.

"Total ada 32 orang dan hasilnya negatif," jelas Oman.

Oman menambahkan, tracing dan tes usap juga dilakukan kepada sejumlah pejabat Kanwil Kemenag NTB dan UIN Mataram. Sebab, kegiatan Menag terakhir sebelum dinyatakan positif Covid-19 adalah ke Nusa Tenggara Barat.

"Ada 16 orang hasil tracing. Semua sudah dilakukan tes swab dan hasilnya negatif," kata Oman. 

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: