Sukses

Istana: Presiden Ingatkan Jadikan Masker Kebiasaan di Masa Pandemi Covid-19

Jokowi beberapa kali menekankan, pemakaian masker merupakan kunci mencegah penularan Covid-19 sebelum vaksin ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali mengingatkan agar seluruh masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19, utamanya memakai masker. Jokowi beberapa kali menekankan, pemakaian masker merupakan kunci mencegah penularan Covid-19 sebelum vaksin ditemukan.

"Presiden Joko Widodo tetap berdiri di garis depan dan tak lelah-lelahnya mengingatkan dan mengajak seluruh elemen bangsa berkolaborasi menjadikan masker kebiasaan hidup untuk adaptasi di masa pandemi sebagai wujud dari disiplin nasional," ujar Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman dalam keterangan persnya, Selasa (15/9/2020).

Menurut dia, Jokowi telah meminta Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional untuk menangani pandemi corona secara terukur dalam perencanaan dan pelaksanaan. Dalam hal ini, penanganan urusan kesehatan dan ekonomi harus seimbang.

"Keseimbangan, koordinasi serta integrasi adalah kunci pencapaian kesehatan dan perekonomian optimal, dengan kolaborasi harmonis pemerintahan pusat, pemerintah daerah, dan partisipasi seluruh warga," jelas Fadjroel.

Pada sisi lain, dia juga menyampaikan terima kasih kepada para tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Hal ini disampaikannya menyusul pasien yang sembuh dari corona di Tanah Air mencapai 158.405 orang.

"Ayo bersama-sama terus memakai masker untuk melindungi diri kita semua, melindungi negeri kita tercinta, Republik Indonesia," ucap Fadjroel.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data 14 September

Sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat penambahan temuan kasus harian nasional mencapai 3.141 kasus pada Senin, 14 September 2020. Sehingga jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia mencapai 221.521 kasus.

Sedangkan jumlah kasus pasien yang sembuh mencapai 3.396 orang pada hari ini. Penambahan tersebut membuat jumlah kumulatif pasien sembuh secara nasional mencapai 158.405 pasien.

Adapun jumlah pasien meninggal dunia pada hari ini mencapai 118 orang. Dengan begitu, secara kumulatif jumlah pasien meninggal karena Covid-19 sebanyak 8.841 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi