Sukses

Wagub DKI Ajak Masyarakat Tetap Donor Darah Meski Ada Covid-19

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengajak seluruh warga Jakarta aktif melakukan donor darah di masa pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengajak seluruh warga Jakarta aktif melakukan donor darah di masa pandemi Covid-19.

Menurut dia, meski keadaan pandemi Covid-19 ini, Jakarta masih memerlukan 1.000 kantong darah setiap harinya.

"Untuk itu kita terus menggalakkan seluruh elemen masyarakat hingga organisasi-organisasi apa pun seperti FKDM dan Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) untuk membantu PMI dalam mengumpulkan darah. Karena setiap hari kurang lebih 1.000 kantong yang kita butuhkan untuk dikumpulkan, sehingga harus kita saling membantu bersama," kata Riza, Selasa (25/8/2020).

Dia menyadari, di masa pandemi Covid-19 ini masyarakat takut untuk mendonorkan darahnya. Dia pun mengingatkan, kepada warga untuk tidak takut dalam melakukan aksi sosial seperti ini.

"Jadi sekarang saatnya berbuat kebaikan, saatnya peduli, saling tolong menolong baik dari pemerintah, industri swasta, maupun lapisan masyarakat sudah seharusnya kita saling tolong menolong. Namun semua itu harus berjalan dengan menerapkan sistem mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) agar berjalan kondusif di tengah pandemi," tutur Riza.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlangsung Aman

Demi mendukung instruksi Wagub, Wali Kota Jakarta Barat sekaligus Ketua PMI Jakarta Barat Rustam Efendi menuturkan, pihaknya terus membuka kegiatan donor darah di beberapa tempat, termasuk di kantornya.

Rustam memastikan kegiatan tersebut akan berlangsung dengan aman meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19.

"Untuk warga Jakarta Barat yang ingin mendonor darahnya, Insya Allah tidak perlu ada rasa khawatir. Kita semua memahami jika dalam masa pandemi ini kita memiliki rasa ketakutan tersendiri, namun jika kita menerapkan protokol kesehatan, semoga aman. Semoga target hari ini minimal 300 kantong darah bisa diperoleh," ujar Rustam.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.