Sukses

Resmikan Tol Pertama di Aceh, Jokowi: Pembebasan Lahannya Paling Cepat

Menurut dia, jalan tol Sigli-Banda Aceh memiliki panjang sekitar 74 kilometer dan merupakan bagian dari Jalan Trans Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan ruas jalan tol Sigli-Banda Aceh seksi IV sepajang 13,5 kilometer, Selasa (25/8/2020). Adapun ruas jalan tol pertama di Aceh tersebut menghubungkan Kecamatan Indrapuri dengan Kecamatan Blang Bintang.

"Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, jalan tol ruas Sigli-Blang Bintang seksi IV Indrapuri-Blang Bintang hari ini saya nyatakan diresmikan," ucap Jokowi saat meresmikan di Gerbang Tol Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar, Selasa.

Menurut dia, jalan tol Sigli-Banda Aceh memiliki panjang sekitar 74 kilometer dan merupakan bagian dari Jalan Trans Sumatera. Jokowi berharap pembangunan jalan tol tersebut dapat mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Pulau Sumatera.

Dia menyebut pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh terbilang paling cepat dibandingkan dengan provinsi lainnya. Sehingga, progres pembangunan jalan tol ini pun menjadi lebih cepat.

"Pembebasan lahan di Aceh ini yang paling cepat, sepanjang yang saya tahu paling cepat. Misalnya yang 74 km dari Banda Aceh ke Sigli sudah 86 persen," jelasnya.

"Ini cepet sekali, sehingga kontruksinya bisa mengikuti dengan cepat," sambungnya.

Jokowi ingin pembebasan lahan di provinsi lain juga dapat mengikuti Aceh. Pasalnya, pembangunan jalan tol kerap terkendala dengan pembebasan lahan.

"Saya kira kalau, cara cara di aceh ini diterapkan untuk provinsi lain, kecepatan pembangunan jalan tol bisa semuanya, bisa segera beroperasi penuh," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempat Istirahat Tipe A

Sebagai informasi, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) telah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Sigli--Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri--Blang Bintang) sepanjang 13,5 km. Tol Sigli-Banda Aceh merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), dimana kehadiran ruas ini mampu mendukung jalur logistik dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Tol Sigli--Banda Aceh terdiri dari 6 seksi, yakni seksi 1 Padang Tiji-Seulimum (24,3 km), seksi 2 Seulimum--Jantho (7,6 km), seksi 3 Jantho--Indrapuri (16 km), seksi 4 Indrapuri--Blang Bintang (13,5 km), seksi 5 Blang Bintang--Kuta Baro (7,7 km) dan seksi 6 Kuto Baro--Baitussalam (5 km).

Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri--Blang Bintang) merupakan jalan bebas hambatan pertama yang hadir bagi masyarakat Aceh. Tol ini memiliki 2 interchange atau Simpang Susun (SS) yakni Simpang Susun Indrapuri dan Simpang Susun Blang Bintang.

Jalan tol ini dilengkapi oleh 1 Gerbang Tol (GT) yakni GT Indrapuri, 1 pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tipe A yang berada di Km 54, yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan. Jika terhubung, Tol Sigli-Banda Aceh mulai dari seksi 1 hingga seksi 6 dapat menampung volume kendaraan sekitar 3.000 kendaraan setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.