Sukses

Pemkot Bekasi Sebar 244 Titik Wifi Gratis, Siswa Bisa Manfaatkan Belajar Daring

Liputan6.com, Jakarta - Ketiadaan biaya untuk membeli kuota internet merupakan salah satu kendala siswa selama mengikuti pembelajaran daring. Hal ini kerap dikeluhkan para orangtua khususnya yang sedang mengalami keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Terkait hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memberikan layanan wifi gratis yang bisa diakses para siswa yang mengalami keterbatasan mengisi paket data.

"Ini merupakan salah satu upaya Pemkot untuk meringankan beban masyarakat yang terkendala kuota internet," kata Kabag Humas Pemkot Bekasi, Yekti Rubiah, Rabu (5/8/2020).

Fasilitas ini terdapat di 244 titik ruang publik yang tersebar di 56 kelurahan di Kota Bekasi. Di antaranya kantor sekretariat RW, taman kota, hutan kota, lapangan olahraga, dan fasilitas umum lainnya.

Pemkot sendiri mengaku telah menyediakan layanan wifi gratis sejak lama. Namun saat ini fungsinya akan lebih dioptimalkan untuk kegiatan belajar daring siswa di masa pandemi.

"Sebenarnya (wifi gratis) sudah ada sejak lama di ruang-ruang publik," ujarnya.

Meski demikian, belum semua titik menyediakan tempat untuk siswa belajar daring. Saat ini diketahui baru Kelurahan Jatirahayu, Pondok Melati yang menyediakan tempat di aula kelurahan untuk siswa belajar.

 

2 dari 3 halaman

Bisa Digunakan Kapan Saja

Tak hanya terbatas pada siswa, fasilitas wifi gratis ini juga bisa dimanfaatkan seluruh kalangan masyarakat yang sedang terkendala akses internet.

"Wifi gratis ini bisa digunakan siswa kapan saja. Karena belum diketahui kapan pandemi berakhir," ungkap Yekti.

Pemkot pun berharap layanan ini dapat memberikan manfaat optimal terhadap aktivitas belajar mengajar siswa secara daring selama masa pandemi.

(Bam Sinulingga)

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: