Sukses

Kemacetan Puncak Arus Balik Idul Adha di Tol Japek Dipicu Antrean Masuk Rest Area

Petugas di lapangan melakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem contraflow atau lawan arus untuk mengurangi kepadatan di titik-titik menjelang rest area.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa titik menjelang tempat istirahat atau rest area menjadi salah satu pemicu terjadinya kemacetan lalu lintas pada arus balik Lebaran Idul Adha 2020 di jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Minggu (2/8/2020) malam.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati mengatakan, arus balik libur Lebaran Idul Adha di Tol Jakarta-Cikampek terpantau padat pada Minggu malam.

Beberapa titik menjelang rest area menjadi pemicu kepadatan arus lalu lintas seperti di Km 62 dan Km 52. Sebab, terjadi antrean kendaraan yang akan masuk ke dalam rest area.

Sebagaimana dilansir Antara, petugas di lapangan melakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem contraflow atau lawan arus untuk mengurangi kepadatan di titik-titik menjelang rest area tersebut.

Menurut Widiyatmiko, pemberlakuan contraflow merupakan diskresi pihak kepolisian. Jasamarga hanya mendukung kelancaran contraflow dengan menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu.

Kepadatan arus lalu lintas pada puncak arus balik libur Lebaran Idul Adha ini tidak hanya terjadi di jalan Tol Japek arah Jakarta. Kepadatan juga terpantau terjadi di jalan arteri Cikampek-Karawang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Arteri Didominasi Motor dan Mobil Pribadi

Di jalan arteri, arus lalu lintas didominasi kendaraan sepeda motor dan mobil pribadi.

Untuk melancarkan arus lalu lintas di jalan Arteri dari arah Cikampek menuju Jakarta dan sekitarnya, polisi menutup sejumlah titik putaran arah atau U-turn.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.