Sukses

Ini 4 Perwira TNI-Polri Peraih Adhi Makayasa 2020 yang Dilantik Jokowi

Adhi Makayasa yang diberikan Jokowi ini adalah penghargaan tahunan yang diberikan kepada lulusan terbaik dari masing-masing matra TNI-Polri.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik perwira TNI-Polri di Istana Negara Jakarta (14/7/2020). Pelantikan dilakukan secara virtual dan hanya dihadiri langsung oleh peraih Adhi Makayasa dan orangtuanya.

Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan yang diberikan kepada lulusan terbaik dari masing-masing matra TNI-Polri. Berikut nama-nama perwira peraih Adhi Makayasa:

1. Letnan Dua Angga Andika Yudha dari Akademi Militer

2. Letnan Dua Rizqy Zaeland Djuhaeri dari Akademi Angkatan Laut

3. Letnan Dua Juanda Siregar dari Akademi Angkatan Udara

4. Inspektur Dua Ivan Pradipta Mahadika dari Akademi Kepolisian

Pelantikan perwira TNI-Polri setiap tahunnya digelar di Halaman Istana Merdeka Jakarta dan dihadiri oleh semua pewira dan keluarganya. Namun, dikarenakan pandemi virus corona (Covid-19), pelantikan dilakukan Jokowi di Istana Negara dan hanya diwakili oleh peraih Adhi Makayasa.

"Kali ini kita lakukan secara virtual hanya penerima Adhi Makayasa dan orang tuanya yang hadir secara fisik di istana secara virtual mewakili semuanya," ucap Jokowi saat memberikan amanat.

Setidaknya, ada 750 perwira TNI-Polri yang berhasil menyelesaikan pendidikannya. Komposisinya antara lain, 254 Akademi Militer, 98 Akademi Angkatan Laut, 106 Akademi Angkatan Udara, dan 293 Akdemi Kepolisian.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Jokowi

Jokowi berpesan agar perwira TNI-Polri dapat mengikuti perkembangan zaman serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Pasalnya, kata dia, tantangan kejahatan yang akan dihadapi ke depannya akan semakin berat.

"Saudara-saudara harus menjadi bagian dari kualitas SDM Indonesia yang hebat, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, yang lincah dan inovatif dalam menghadapi perubahan dengan karakter kebangsaan penjaga NKRI dan penjaga pancasila yang sejati," ujar Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.